Kapal Pesiar Belanda Kunjungi Surabaya

"Kairouan Mosque Stitched Panorama" by MAREK SZAREJKO - Wikipedia
“Turis dari Belanda tengah mengunjungi balai Kota Surabaya disambut kesenian reog. Foto: Humas Pemkot Sby

Surabaya ternyata memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing. Buktinya semakin sering disinggahi kapal pesiar. Diantaranya MS Volendam yang mengangkut 1.432 penumpang dengan 647 kru yang merupakan kapal kedua selama tahun 2016 ini, Senin (14/11) sandar di Pelabuhan Tanjung Perak.

Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kota (Budparta) Surabaya Wiwiek Widayati mengatakan, sebanyak 108 orang mengikuti paket Surabaya Discovery Tour dengan rute Patung Djoko Dolog – Balai Kota – Monumen Kapal Selam – Pasar Bunga Kayoon – House of Sampoerna.

“Bagi wisatawan yang tidak mengikuti paket reguler, mereka menyebar ke seluruh Surabaya dengan agenda masing-masing. Mereka bisa naik becak dari pelabuhan atau taksi untuk berkeliling kota, karena dari pelabuhan sudah ada tim dari Disbudparta Surabaya memberikan petunjuk. Mereka juga bisa melakukan Wisata Religi di Ampel, atau jelajah Kalimas,” papar Wiwiek.

Setibanya di Balaikota, para wisatawan tersebut disambut dengan Tarian Lenggang Surabaya dan Reog lengkap dengan sepasang Dadak Merak. Selain itu, para wisatawan asing ini juga diberikan sajian khas Surabaya.

Mulai dari Kelepon, hingga minuman Sinom. Sembari menikmati makanan dan minuman tersebut, mereka berkeliling gedung peninggalan Belanda yang kini difungsikan sebagai gedung pemerintahan.

Wiwiek menambahkan, Desember mendatang akan ada kunjungan serupa. Tidak menutup kemungkinan Balaikota tetap menjadi salah satu obyek city tour. Pasalnya, banyak wisatawan yang ingin bertemu Walikota Surabaya Tri Rismaharini.

“Rata-rata para wisatawan ingin bertemu dengan bu Risma,” tambah Wiwiek lagi. Menurut para wisatawan, papar Wiwiek lebih lanjut, nama walikota Surabaya sudah terdengar hingga negara mereka. Jadi, beberapa dari para wisatawan itu sengaja memilih Balaikota agar bisa bertemu dengan walikota.

Umumnya, wisatawan terkesima dengan interior Balaikota. Salah satunya Suzan Wong, wanita asal Canada yang datang bersama suaminya antusias mengeksplorasi Balaikota. “Ini kunjungan pertama saya ke Surabaya. Saya suka bangunan peninggalan Belanda. Saya ingin lekas lihat bangunan di atas (balaikota lantai 2,red),” kata Suzan antusias.

Hingga awal November 2016 sudah sekitar 564.000 wisatawan asing berkunjung ke Kota Pahlawan. Program 2017 mendatang Disbudparta Surabaya menambah tiga rute wisata. Yakni mangrove, kampung lawas, dan melihat tari-tarian di Balai Budaya. (sak)

Add Comment