Museum Mpu Tantular Pindah ke Virtual

foto
Dr Suryo Sumpeno ST MSc, dosen ITS. Foto: Surya.co.id.

Penelitian unik dilakukan dosen Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Dr Surya Sumpeno ST MSc tengah memindahkan Museum Mpu Tantular ke wujud virtual.

Dengan museum virtual ini, pengalaman baru belajar sejarah dan berkunjung ke museum akan dapat dirasakan oleh masyarakat.

Menurut dosen Jurusan Teknik Multimedia dan Jaringan (TMJ) itu, museum virtual memungkinkan masyarakat menikmati berbagai artefak di Museum Mpu Tantular secara panoramik atau interaksi multimedia tiga dimensi.

Pengunjung bisa melihat bentuk tiga dimensi berbagai artefak 360 derajat hanya dengan membuka situs web atau dengan situs youtube.

Sedangkan jika menggunakan interaksi multimedia, pengunjung seolah akan dibawa ke masa lampau untuk melihat artefak, bangunan dan aktivitas orang jaman dahulu.

“Bahkan, pengunjung juga bisa berinteraksi dengan tampilan yang dibuat mendekati riil tersebut,” ungkap Surya, sapaan akrabnya.

Namun, teknik penyajian untuk interaksi 3D memerlukan perangkat khusus, seperti Head Mounted Display (HMD) yang memerlukan perangkat Google Carboard plus peranti telpon pintar berbasis Android atau monitor 3D.

Menyaksikannya pun juga butuh kacamata 3D baik pasif maupun aktif. “Namun penyajian ala panoramik dapat dinikmati di situs web biasa, demikian pula nantinya video youtube 360,” ujar pria yang menamatkan magisternya di Tohoku University ini.

Jebolan Jurusan Teknik Elektro ini berharap gaung program digitalisasi warisan budaya akan melebar, beresonansi, bersinergi. “Dan tentunya, program ini dapat bermanfaat dan menjangkau lebih banyak komunitas masyarakat,” pungkasnya. (sak)

Add Comment