Potensi Wisata Pra Sejarah Batu So’on

foto
Anggota DPR RI Eva Sundari saat berkunjung ke wana wisata Batu So’on. Foto: Ist.

Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Eva Kusuma Sundari berkunjung ke wana wisata Batu So’on yang terletak di desa Solor, Kecamatan Cermee, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Minggu (26/2).

Dalam kunjungan tersebut, Eva mendorong agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso segera memfokuskan arah pembangunan Batu So’on menjadi kawasan wisata pra sejarah.

Menurut Eva, wana wisata Batu So’on ini lebih bagus dari situs purba Stonehenge yang ada di Britania. Oleh karenanya, Pemkab Bondowoso perlu memikirkan bagaimana strategi mengemas Batu So’on menjadi ikon wisata pra sejarah pertama yang ada di Indonesia.

“Dari pengalaman saya mengunjungi Stonehenge di Inggris, yang di Bondowoso jauh lebih dahsyat karena lebih tinggi. Oleh karena itu Pemkab Bondowoso perlu memikirkan apa platform yang akan diusung,” ujarnya.

Sebagai sebuah destinasi wisata pra sejarah, Eva mengatakan selain harus ada fasilitas pendukung seperti education center, dan perpustakaan yang dapat digunakan pengunjung mengakses pengetahuan tentang situs purba Batu So’on.

“Harus menyediakan fasilitas pendukung juga seperti sebuah Lab yang bisa digunakan para pengunjung. Seperti kapan ini dibuat, untuk apa dan lain-lain, itu harus ada,” katanya.

Menurut Eva, Pemkab Bondowoso juga bisa nerinisiatif dengan mendaftarkan Wisata Batu So’on sebagai Cagar Budaya Nasional bahkan internasional seperti Candi Borobudur.

“Kalau wisata ini sudah menjadi cagar budaya internasional, maka pembiayaan juga akan dilakukan oleh UNESCO,” ungkapnya.

Pembiayaan dimaksud menurut Eva, dalam reklame, promosi dan bahkan pembangunan dan pemeliharaan fasilitas tambahan juga akan dibantu UNESCO.

Selain dapat menghemat anggaran kata dia, hal itu juga dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan internasional untuk mengunjungi situs batu purba yang mirip Stonehenge Inggris tersebut.

Namun untuk langkah awal, pemerintah daerah tetap harus berkontribusi terlebih dulu.”Langkah awal memang harus Pemerintah dulu. Kan kita harus ikut iuran dulu,” katanya.

Eva menyakini jika Batu So’on ini digarap dengan serius dan telah memfokuskan arah pembangunan menjadi wisata pra sejarah akan mendongkrak kunjungan wisatawan dari dalam dan luar negeri.

“Pasar dalam negeri kita saja juga menguntungkan. Saya yakin jika digarap dengan serius bisa menjadikan wisata pra sejarah nomor satu,” ucapnya.

Eva yang kini duduk di Komisi XI mengunjungi wana wisata Batu So’on didampingi anggota DPRD Kabupaten Bondowoso Sinung Sudrajat dan Ketua PA GMNI Bondowoso Andre Mustofa, (sak)

2 thoughts on “Potensi Wisata Pra Sejarah Batu So’on

  1. Pingback: Bondowoso Surga Megalitikum di Jawa | timurjawa.com

  2. Pingback: Situs Budaya Megalitikum di Jawa Timur – Site Title

Add Comment