Kebudayaan RI Pukau Hungaria Lewat ‘Art Kalamakara’

foto
Art Kalamakara 2017, pameran seni KBRI Budapest di Hongaria. Foto: KBRI Budapest.

Tim Budaya Kedutaan besar Republik Indonesia (KBRI) Budapest, menggelar roadshow Pameran Seni “Art Kalamakara” 2017. Kegiatan tersebut dibuka pada 1 April 2017 di kota Miskolc, Hungaria.

‘Art Kalamakara’ merupakan kolaborasi pertunjukan antara seni budaya Tim KBRI Budapest dengan pameran lukisan, batik, dan fotografi karya tiga orang seniman berbakat asal Hungaria yaitu Balogh Laszlo, Ur Eleonora, dan Bardos Yvette.

Balogh Lazlo dan Yvette Bardos merupakan penerima beasiswa darmasiswa pada tahun 1990-an. Sementara itu Ur Eleonora adalah pecinta Indonesia yang belajar membatik dari pengrajin di Yogyakarta.

“Gaung seni Indonesia mencuri perhatian masyarakat Hungaria,” sebut Duta Besar Indonesia untuk Hungaria, Wening Esthyprobo, sesaat setelah secara resmi membuka Pameran ‘Art Kalamara’.

Seperti pernyataan tertulis yang diterima dari KBRI Budapest, ketertarikan tersebut terlihat dari banyaknya permintaan untuk mengisi acara seni Indonesia oleh museum ataupun pusat budaya di Hungaria. Selain itu penonton pun selalu penuh di setiap acara budaya Indonesia.

“Catatan saya menyebutkan, hingga bulan April 2017 ini Indonesia/KBRI sudah melakukan tujuh kali pertunjukan budaya dan dalam waktu dekat akan berpartisipasi dalam tiga pertunjukan lagi,” ujar Dubes Wening.

“Kami bangga menjadi orang Indonesia. Bagaimana tidak, orang Hungaria bisa begitu mencintai budaya Indonesia bahkan menuangkannya ke dalam karya seni. Karenanya malam ini KBRI hadir di Miskolc sebagai ekspresi dukungan terhadap artis-artis Hungaria yang cinta kepada Indonesia,” imbuh dia.

Dalam acara pembukaan di teater Muveszetek Haza, 500 kursi terlihat dipenuhi oleh pengunjung yang ingin melihat pertunjukan Budaya Indonesia. Penonton pun bertepuk tangan riuh disetiap akhir segmen pertunjukkan budaya.

Gamelan Jawa, Tari Joget dengan live musik Rindik Bali, Tari Satria Tangguh dari Jawa Tengah, Tari Nandak dari Jakarta, dan Tari Topeng Pujangga dari Jawa Timur disuguhkan pada malam itu untuk memperkaya pengalaman penonton mengenai budaya Indonesia.

Setelah disuguhi oleh pertunjukkan, pengunjung juga bisa menikmati sajian kudapan khas Indonesia yang disajikan oleh Tim Kuliner KBRI Budapest, yakni kroket dan kue pukis.

Dukungan KBRI Budapest dalam Pameran ‘Art Kalamakara’ merupakan langkah strategis untuk membina pecinta Indonesia dan memberikan dorongan keapda para seniman Hungaria yang cinta Indonesia. Hal tersebut kelak akan menjadi salah satu media promosi yang efisien dan tepat sasaran.

Setelah digelar Debrecen dan Miskolc, ‘Art Kalamakara’ juga akan dipamerkan di Szentendre, Budapest, dan Szeged. (ist)

Add Comment