Mahasiswa AS Belajar Seni dan Budaya Indonesia

foto
Bla Bla Bla. Foto: Kampoengilmu.com.

Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (UM) menyambut 28 mahasiswa Amerika Serikat dalam program Critical Language Scholarship (CLS), Senin (12/6) lalu.

CLS adalah program yang didanai Departemen Luar Negeri AS untuk memperkuat pengetahuan, keamanan, dan kesejahteraan melalui pembelajaran bahasa dan budaya dari negara yang penting bagi Amerika Serikat.

“Program CLS di UM sudah tahun kedelapan. Peserta akan belajar bahasa dan budaya Indonesia selama 2 bulan mulai Juni sampai Agustus 2017,” jelas Dr Gatut Susanto, Direktur BIPA UM kepada Suryamalang.com.

Peserta akan belajar bahasa dengan topik Pemberdayaan Ekonomi dan Lingkungan. “Peserta bisa memilih untuk mendalami enam seni budaya Indonesia, antara lain batik, karawitan, kuliner, pencak silat, tari, dan dangdut,” katanya.

Dangdut sengaja dimasukkan untuk menjadikan dangdut sebagai identitas Indonesia. “Jadi Dangdut akan goes to America,” guraunya.

Setiap peserta dari berbagai universitas dan jenjang pendidikan itu akan didampingi dua mahasiswa UM. “Kami juga menyediakan empat guru dalam setiap kelas. Jadi peserta dapat belajar secara cepat. Peserta pada tahun lalu sudah cukup mahir berbahasa meski hanya belajar dua bulan,” tuturnya. (ist)

Add Comment