DKJT: Bantuan ke Seniman Dorong Kualitas

foto
Ketua DKJT Taufik Monyong bersama Gubernur Soekarwo. Foto: Antarajatim.com.

Dewan Kesenian Jawa Timur (DKJT) menilai bantuan Gubernur Jawa Timur terhadap 500 seniman yang dinilai berprestasi dapat mendorong peningkatan kualitas bagi para seniman yang menerimanya.

Ketua DKJT Taufik “Monyong” Hidayat menyatakan apresiasi setinggi-tingginya terhadap Gubernur Jawa Timur yang telah rutin setahun sekali memberi bantuan kepada ratusan seniman setempat sejak era Gubernur Imam Utomo.

“Sekarang tradisi itu masih diteruskan oleh Gubernur Soekarwo,” ujarnya kepada wartawan, di sela menghadiri penyerahan bantuan terhadap 500 seniman Jawa Timur berprestasi di Surabaya, beberapa waktu lalu.

Dalam kesempatan itu Gubernur Soekarwo menyerahkan uang tunai senilai Rp 1,5 juta dan paket sembilan bahan kebutuhan pokok kepada masing-masing 500 seniman terpilih tersebut.

“Penghargaan dari seorang kepala daerah terhadap seniman di wilayahnya yang digelar rutin setahun sekali seperti ini adalah satu-satunya di Indonesia. Saya sudah survei, dari 34 provinsi dan 514 kota/ kabupaten di Indonesia, baru Kepala Daerah Provinsi Jawa Timur yang mengapresiasi para senimannya,” katanya seperti dikutip Antara Jatim.

Dia menilai, yang dilakukan Gubernur Jawa Timur tidak sekadar memberi dana segar kepada para senimannya. “Lebih dari itu, melalui pemberian bantuan seperti ini, pemerintah telah memberikan kekuatan besar untuk mendorong seniman meningkatkan kualitas sumber daya manusianya,” ujarnya.

Bagi Taufik, negara harus hadir memberi penghargaan kepada para seniman yang telahmelestarikan kebudayaan dan kearifan lokal Indonesia di daerahnya masing-masing .

“Seniman memang harus mendapat penghargaan dari negara. Hingga sekaran, sebelum negara memberikan sertifikasi, Jawa Timur sudah memberi ‘report’. Saya rasa ini bisa menjadi percontohan bagi daerah lain dan ‘report’ terhadap seniman yang telah diapresiasi oleh Gubernur Jawa Timur bisa dikirim ke Jakarta sebagai usulan memberi penghargaan ‘masterpiece’ dari negara,” tuturnya.

Selain bantuan rutin setahun sekali terhadap ratusan seniman oleh Gubernur di setiap bula Ramadhan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga telah rutin memberi penghargaan terhadap 10 seniman terbaik yang diserahkan Gubernur di setiap perayaan Hari Jadi Provinsi Jawa Timur, bulan Oktober.

Taufik mengusulkan agar Gubernur Jawa Timur dapat menambah jumlah penerima bantuan maupun penghargaan seniman terbaik tahun pada tahun yang akan datang.

“Semisal jumlah seniman penerima bantuan yang tahun ini berjumlah 500 orang, tahun depan bisa diupayakan menjadi dua kali lipat yang menerimanya, yaitu menjadi 1.000 orang. Sedangkan jumlah penerima penghargaan seniman terbaik, yang biasanya diberikan kepada 10 orang, bisa menjadi 15 seniman,” katanya.

Karena bantuan dan penghargaan dari gubernur tersebut, menurut Taufik, sekaligus sebagai subsidi bagi biaya produksi dalam proses kreatif para seniman di Jawa Timur, yang sekaligus sebagai pelestarian kebudayaan di wilayahnya. (ant)

Add Comment