Program BUMN: Siswa Mengenal Nusantara

foto
Siswa kelas XI SMA/SMK/SLB berprestasi dari Jatim yang turut program “Siswa Mengenal Nusantara” ke Provinsi Sulawesi Tenggara. Foto: Koran-jakarta.com.

Indonesia merupakan sebuah negeri yang berlimpah kekayaan alam dan dihiasi dengan berbagai keragaman, mulai dari ribuan pulau yang menghiasi khatulistiwa, dengan ragam budaya, bahasa daerah, suku bangsa, ras, agama dan kepercayaan, dan lainnya.

Namun demikian, Indonesia mampu tegak berdiri sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia ditengah keragaman tersebut sebagai perwujudan semboyan Bhinneka Tunggal Ika, yang berarti berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

Badan Usaham Milik Negara (BUMN) merupakan bagian merupakan bagian dari komponen bangsa, mempunyai komitmen untuk menumbuhkan dan memupuk rasa kebanggaan berbangsa dan bernegara serta menumbuhkan kesadaran bahwa keragaman itu merupakan kekuatan NKRI.

Salah satu bentuk komitmen tersebut yakni dengan menyelenggarakan Program Siswa Mengenal Nusantara Tahun 2017 (SMN 2017).

Pada Program SMN 2017, Bank BRI sebagai koordinator kegiatan bersama dengan PT INKA, PT Garam, Perum Jasa Tirta I dan PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) mengirimkan 38 siswa/siswi SMA/SMK/ SLB kelas XI yang berprestasi dari setiap Kabupaten di Provinsi Jawa Timur, dengan didampingi petugas Diknas Provinsi dan dua orang guru teladan ke Provinsi Sulawesi Tenggara.

Sebaliknya, 20 siswa dan 3 pendamping SMA/SMK / SLB dari Provinsi Sulawesi Tenggara mengunjungi Jawa Timur untuk saling mengenal seluruh ragam budaya dan bahasa nusantara sehingga menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini.

Adapun siswa/siswi yang mengikuti kegiatan ini merupakan siswa/siswi terpilih dan berprestasi yang diseleksi secara ketat dari masing masing Provinsi.

Siswa Mengenal Nusantara merupakan salah satu rangkaian kegiatan program ‘BUMN Hadir Untuk Negeri’ dan telah dilaksanakan sejak tahun 2015 oleh seluruh perusahaan BUMN, dengan diikuti 632 siswa di tahun 2015. 679 siswa pada tahun 2016 dan 751 siswa di tahun 2017.

“Partisipasi Bank BRI untuk menyukseskan program ini bertujuan agar para siswa dapat memperoleh wawasan kebangsaan dan kebudayaan yang utuh. Bank BRI juga memberikan program entrepreneurship dan pengenalan lembaga BUMN sebagai tambahan pengetahuan bagi peserta SMN 2017,” tutur Hari Siaga Amijarso, Corporate Secretary Bank BRI seperti dikutip Koran Jakarta.

Siswa dari Jawa Timur yang berangkat ke Sulawesi Tenggara memulai kegiatan SMN selama sepekan hingga 6 Agustus 2017.

Beberapa kegiatan yang dilakukan diantaranya yakni melakukan kunjungan ke Taman Budaya Sulawesi Tenggara, SMA 4 Kendari, Keraton Walio di Bau Bau, Pasar Wajo dan Sentra Industri Tenun di Bau Bau, serta mengunjungi kantor PT Aspal dan PT Antam.

Untuk siswa dari Sulawesi Tenggara yang berkunjung ke Jawa Timur, rangkaian acara SMN dimulai dengan kunjungan ke nasabah UMKM BRI, kunjungan ke SMA 5 Surabaya dan SMA Taruna Nala Malang serta melakukan kunjungan ke kantor PT Semen Indonesia dan PT Petrokimia Gresik.

“Melalui program SMN, saya dapat merasakan bertambahnya wawasan pada keragaman budaya Nusantara dengan lebih mengenal kearifan lokal. Harapan saya dan teman-teman, program ini dapat terus dilaksanakan ke depannya agar kami generasi muda dapat terus memperkokoh nasionalisme,” kata Anisa Dwi Pusvita, salah satu peserta SMN 2017 dari SMAN 1 Lawang, Kabupaten Malang.

Sebagai perusahaan BUMN yang memiliki fokus untuk pemberdayaan UMKM di Indonesia, Bank BRI mengenalkan wawasan entrepreneurship yang diharapkan akan menguatkan semangat berdikari para siswa.

Tidak hanya itu, program Siswa Mengenal Nusantara juga akan memberikan pemahaman yang lebih luas kepada para peserta SMN 2017 mengenai peran dan tanggung jawab sosial lembaga BUMN dalam membangun kapasitas nasionalisme remaja sebagai generasi penerus bangsa.

“Program ini juga bertujuan untuk membangkitkan niat dan keinginan siswa berprestasi di seluruh Indonesia untuk bergabung dan berkarir di BUMN,” imbuh Hari Siaga. (sak)

Add Comment