Dusun Bedander, Tempat Persembunyian Jayanegara?

foto
Dusun Bedander, Desa Sumbergondang, Kabuh menyimpan sejarah. Foto: Ricky/Jawa Pos Radar Jombang.

Dalam teks Pararaton dijelaskan jika Gajah Mada membawa Raja Majapahit Jayanegara ke wilayah Bedander. Badri, juru pelihara prasasti Kusambyan menuturkan jika Raja Jayanegara diamankan ke wilayah Bedander lantaran terjadi pemberontakan oleh pasukan yang dipimpin Kuti.

”Nah wilayah Bedander yang jadi persembunyian Raja Jayanegara ini diidentifikasi di Dusun Bedander Desa Sumbergondang Kecamatan Kabuh ini,” lontar Hadi Ali, koordinator juru pelihara Kabupaten Jombang.

Ia menyampaikan, terdapat beberapa daerah yang bernama Bedander diantaranya di Kabupaten Blitar, Kabupaten Bojonegoro dan Kabupaten Jombang. Namun hal itu tidak didukung bukti data historis dan arkeologis jika Bedander berada di Blitar maupun Bojonegoro.

”Justru banyak bukti arkeologis seperti petilasan gunung jeladri, sumur-sumur kuno, toponimi wilayah dan sebagainya yang ditemukan disini (Jombang, Red),” sambungnya kepada Jawapos.com.

Ditambahkannya jika saat itu Jayanegara didampingi pasukan Bhayangkara sebanyak 15 orang yang dipimping langsung Gajah Mada.

Setelah hampir satu minggu menyamar di Bedander, Jayanegara pun akhirnya kembali ke Majapahit setelah situasi aman dan pemberontak berhasil dikalahkan. ”Tanda bukti jejak kehidupan jaman majapahit di petilasan ini memang banyak. Termasuk adanya sumber air di atas bukit ini,” lanjutnya. (jpg)

Add Comment