Menikmati 10 Pantai Terindah di Pulau Madura

foto
Pantai Slopeng terletak di Kecamatan Dasuk, Kabupaten Sumenep. Foto: Reyginawisataindonesia.blogspot.com.

Pulau Madura adalah sebuah pulau nan indah dan memesona yang terletak di sebelah timur laut Jawa Timur. Selain terdapat wisata budaya karapan sapi yang sudah terkenal ke mancanegara, Madura juga banyak menyimpan pantai-pantai menarik dan indah yang tidaklah kalah dengan pantai indah lainnya di Indonesia.

Ada Pantai Lombang dan Pantai Slopeng di Sumenep, pantai-pantai di Kepulauan Kangean atau Pantai Siring Kemuning di Bangkalan. Mulai sekarang rencanakan liburan menikmati 10 pantai terindah di Madura yang bakal bikin terpesona melihatnya, seperti ditulis Reigina dalam blognya.

Pantai Lombang
Pantai Lombang adalah salah satu pantai terindah di Madura yang wajib dikunjungi saat berlibur ke tempat ini. Pantai yang terletak di Kecamatan Batang-batang, Sumenep ini juga merupakan salah satu wisata unggulan di Madura yang banyak dikunjungi wisatawan.

Di Pantai Lombang, kita akan disambut dengan hamparan pasir putih bersih berkilau dengan air lautnya yang jernih dan tenang. Selain itu rimbunnya pohon cemara udang akan membuat merasa tenang dan nyaman berlibur ke pantai ini.

Di pantai ini juga dapat bermalam dengan mendirikan tenda di tepian pantai. Sebab di pantai ini belum tersedia fasilitas hotel atau tempat penginapan yang memadai.

Pantai Slopeng

Selain Pantai Lombang, Madura juga memiliki pantai indah lainnya yang dapat kamu kunjungi dan nikmati yaitu Pantai Slopeng yang terletak di Kecamatan Dasuk, Sumenep atau berjarak sekitar 21 kilometer dari kota Sumenep.

Pantai Slopeng memiliki hamparan pasir putih bersih dan halus yang membentang sepanjang 6 kilometer sehingga kamu dan keluarga dapat bersantai dengan bebas sambil bermain pasir yang menggunung.

Suasananya yang tenang dan nyaman dengan lambaian pohon-pohon kelapa yang berdiri berjejer di sepanjang garis pantai. Dengan tenangnya suasana kamu akan betah berlama-lama menikmati keindahan Pantai Slopeng yang memesona ini.

Tunggulah sampai senja hari, karena Pantai Slopeng akan dihiasi panorama sumset yang sangat indah dan menakjubkan diatas cakrawala senja. Bayangan kita akan terlihat jelas saat berdiri di bibir pantai dengan disinari cahaya sunset yang mulai tenggelam. Pemandangan ini jangan sampai terlewatkan. Siapkan kamera untuk mengabdikanya.

Pantai Ponjug
Pantai Ponjuk terletak di Pulau Talango sebelah timur Pulau Madura ini menyajikan panorama pantai yang sangat indah dan memesona dengan hamparan pasir putih bersih nan lembut ini suasananya sangat sepi dan tenang sehingga sangat cocok sekali buat kamu yang menyukai suasana alam.

Pantai Badur
Pantai Badur terletak di Kecamatan Batu Putih, berada tidak jauh dari Pantai Slopeng yang terkenal dengan keindahan gunung pasirnya serta Pantai Lombang yang eksotis.

Mungkin Pantai badur ini belum begitu banyak dikenal karena letaknya yang cukup tersembunyi,. Namun hamparan pasir putih bersih nan halus sepanjang 2 kilometer serta hamparan batu karang menjadikan Pantai Badur seperti milik pribadi.

Kepulauan Kangean

Kepulauan Kangean yang termasuk ke wilayah Sumenep juga merupakan salah satu tempat wisata andalan Madura yang layak dikunjungi dan dinikmati keindahannya.

Hamparan pasir putih bersih dan halus dengan air lautnya yang sangat jernih berwarna hijau tosca serta pemandangan bawah lautnya yang indah memesona pastinya akan selalu memanjakan mata untuk terus memandanganya.

Kita juga dapat mengunjungi tempat-tempat indah lainnya di sekitar Pulau Kangean seperti Pulau Mamburit untuk melakukan aktivitas diving dan snorkeling,

Pantai Siring Kemuning
Pantai Siring Kemuning berjarak sekitar 41 kilometer dari kota Bangkalan atau tepatnya terletak di Desa Macajah, Kecamatan Tanjung Bumi, Bangkalan. Pesona pantai ini sangat indah dan menakjubkan untuk dinikmati. Hamparan pasir putihnya yang bersih dan berkilau serta suasananya yang masih sepi menjadikan Pantai Siring Kemuning tempat yang cocok untuk yang ingin mencari ketenangan.

Pantai Camplong
Pantai Camplong yang terletak di Sampang ini memiliki hamparan pasir putih bersih nan indah yang cukup luas sehingga dapat dengan bebas melakukan aktivitas di pantai ini seperti bersantai, berenang, bermain volley pantai atau menyewa perahu nelayan untuk ikut mencari ikan selama sekitar 20 menit di sekitar bibir pantai.

Pantai Jodoh
Apakah ingin mencari jodoh dan sedang mencari pasangan? Datanglah ke Pantai Jodoh di Desa Bira Timur, Kecamatan Sokobanah, Sampang. Selain dapat menikmati pemandangan pantai yang indah memesona, Banyak pengunjung yang pernah datang ke pantai ini menemukan jodohnya.

Pantai jodoh memfasilitasi pengunjung dengan adanya kafe-kafe. Selain dapat menikmati menu makanan dan minuman, pengunjung juga diberi kesempatan saling tukar nomor handphone.

Pantai Ropet
Pantai Ropet terletak di kawasan Pulau Gili Iyang ini memiliki hamparan pasir putih bersih serta terumbu karang yang masih asri dan alami untuk dinikmati.

Selain memiliki pemandangan pantai dan bawah lautnya yang indah memesona, Pantai Ropet juga akan memanjakan mata saat senja tiba. Panorama sunset diatas cakrawala Pantai Ropet sangat indah menakjubkan.

Pantai Sambilangan

Pantai yang juga layak dikunjungi adalah Pantai Sambilangan yang terletak Desa Sambilangan, Bangkalan. Pantai yang masih sepi pengunjung ini menawarkan sensasi pantai dengan pemandangannya yang indah alami. Selain itu di Pantai Sambilangan juga terdapat sebuah mercusuar tua peninggalan Belanda yang telah berdiri sejak tahun 1879 lalu.

Dengan tinggi 78 meter, menjelang senja hari dari sekitar mercusuar bisa menikmati keindahan sunset yang sungguh sangat indah dan menakjubkan untuk dinikmati.

Selain 10 pantai tersebut, Pulau Madura masih memiliki wisata lainnya seperti wisata budaya, sejarah dan arsitektur di Museum Keraton Sumenep, Masjid Jamik Sumenep, Kota Tua Kalianget, Rumah Adat Tradisional Madura Tanean Lanjhang atau melihat Benteng VOC Kalimo’ok di Kalianget. (ist)

2 thoughts on “Menikmati 10 Pantai Terindah di Pulau Madura

Add Comment