Batik Tulis Bikin SMP di Batu Jadi Rujukan

foto
Perwakilan Cak dan Ning SMP Negeri 1 Kota Batu memamerkan hasil karya batik tulis sekolahnya. Foto: Malangtoday.net.

Penerapan sistem Full Day School di SMP Negeri 1 Kota Batu mengantarkan namanya di seantero Jawa Timur. Pasalnya, melalui ekstrakurikuler batik tulis, sekolah ini lantas dinobatkan menjadi salah satu sekolah rujukan mewakili Kota Batu.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu Dra Mistin mengatakan bahwa sekolah rujukan (SMPN 1 Kota Batu) ditunjuk langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia untuk mewakili Kota Batu.

“Adanya sekolah rujukan ini dalam rangka program penguatan karakter sehingga bisa dijadikan contoh bagi sekolah lain terpicu menerapkan ekosistem pendidikan yang baik,” ungkapnya seperti dikutip Malangtoday.net.

Kembali soal batik tulis, buah tangan anak-anak SMPN 1 ini memiliki tema motif ikon karakter khas Kota Batu, yakni motif apel dan banteng.

“Ini merupakan karya anak-anak ekstrakurikuler batik di sekolah kami ini sempat menjadi juara di even nasional, Mas,” ungkap salah satu perwakilan siswa SMPN 1, Rendi Purnawan.

Sementara, Kepala Sekolah SMPN 1 Kota Batu Bambang Irawan mengatakan bahwa kreativitas akademik dan juga non akademik para siswa ini diharapkan bisa menginspirasi sekolah lain di Kota Batu.

“Ya itu salah satu tugas kami di Kota Batu bisa menjadi inspirasi dan rujukan sekolah lain. Jadi gak hanya akademik, tapi juga non akademik. Salah satunya ya melalui karya seni ini kita bisa jadi jua nasional. Tujuannya ya biar semua sekolah di Jatim bisa sama-sama maju,” ujarnya.

Perlu diketahui, SMPN 1 Kota Batu ini juga didapuk menjadi tuan rumah dalam Gebyar Karya Sekolah Rujukan se-Jatim 2017. Merupakan ajang showcase (pameran) karya ilmiah maupun non ilmiah dari 38 sekolah rujukan terpilih di Kota/Kabupaten se-Jatim.

Adanya sekolah rujukan merupakan satuan pendidikan yang memiliki akreditas A dengan berbagai program penguatan karakter, budaya mutu dan penumpuan budi pekerti yang bisa dijadikan rujukan sekolah lain di sekitarnya. (mtd)

Add Comment