Kirab Pemuda Nusantara Berakhir di Candi Simping

foto
Bupati Blitar menyambut peserta kirab di halaman Candi Simping. Foto: Blitarkab.go.id.

Blitar menjadi tempat singgah terakhir dari seluruh rangkaian Kirab Pemuda Nusantara 2017 karena Kabupaten ini memiliki sejarah serta akar budaya yang kuat perjalanan bangsa Indonesia. Kirab ini dilakukan 72 peserta inti, dimulai dari Pulau Miangas, Sulawesi Utara, yang merupakan wilayah perbatasan Indonesia-Filipina pada 26 September lalu.

“Blitar memiliki potensi yang sangat luar biasa, nilai semangat perjuangan tokoh-tokoh besar seperti Raden Wijaya dan Bung Karno. Semangat mereka harus kita gunakan sebagai landasan untuk membangun NKRI,” kata Bupati Blitar Drs H Rijanto, saat menyambut peserta kirab di halaman Candi Simping, Kademangan, Blitar, (5/12).

“Para pemuda harus memiliki semangat juang yang tinggi dan strategi yang hebat untuk dapat menjalankan kehidupan bernegara terutama bagi generasi muda,” imbuhnya.

Melalui kegiatan napak tilas disejumlah tempat bersejarah di Kabupaten Blitar diharapkan peserta kirab dan generasi muda dapat ikut serta melestarikan dan mempelajari kekayaan warisan budaya bangsa dan menerapkan nilai nilai adiluhung nenek moyang.

“Budaya yang kita miliki harus kita jaga dan lestarikan, termasuk mengamalkan nilai nilai luhur bangsa sebagai modal perjuangan dan pembangunan Indonesia,” harap Rijanto.

Kabupaten Blitar terkenal memiliki tempat tempat bersejarah yang berkaitan dengan perjalanan nusantara. Diantaranya candi Simping yang berada di wilayah Kademangan, Blitar.

Candi Simping Merupakan tempat di mana abu pendiri Kerajaan Majapahit dan penggagas Nusantara I Raden Wijaya didharmakan. Selain Candi Simping, Blitar juga menjadi tempat pemakaman proklamator Indonesia Ir Soekarno.

Rangkaian puncak Kirab Pemuda 2017 di Kabupaten Blitar dilaksanakan selama tiga hari (5-7/12). Selain menggali keindahan alam dan kekayaan budaya di Kabupaten Blitar, puncak acara kirab dimeriahkan berbagai kegiatan dan hiburan, diantaranya, parade budaya, pemecahan rekor muri gerakan pemuda membaca kitab, serta pameran kreatif pemuda.

Kirab Pemuda Nusantara 2017 diikuti perwakilan pemuda dari 34 provinsi di Indonesia yang terbagi dalam dua zona. Zona satu bergerak dari Miangas menuju Sabang, Aceh. Sedangkan zona dua dari Rote Ndao, NTT menuju Merauke dan semuanya akan bertemu di Blitar. (sak)

Add Comment