Diplomasi Kebudayaan Dalam Sebuah Pertunjukkan Seni

foto
Pertunjukan kesenian bersama pererat persahabatan Indonesia-Tiongkok. Foto: Kemdikbud.go.id.

Suasana Ciputra Artpreneur, Ciputra World I mendadak ramai. Pasalnya, akhir pekan lalu diadakan Pertunjukkan Kesenian Persahabatan Indonesia – Tiongkok yang menampilkan ragam kesenian dari masing-masing negara.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Perdana Menteri Tiongkok Madame Liu Yandong, Wakil Menteri Kebudayaan Tiongkok Dong Wei, Direktur Jenderal Kebudayaan Kemdikbud Hilmar Farid dan Sesmenko PMK Mr YB Satyasananugraha.

Dalam sambutannya, Dong Wei mengatakan bahwa kegiatan Pertunjukkan Kesenian Persahabatan Indonesia – Tiongkok ini merupakan langkah lanjutan dari kerjasama yang sudah dijalin sebelumnya.

“Acara hari ini merupakan salah satu langkah untuk semakin mempererat kerjasama antar negara Indonesia – Tiongkok, khususnya di bidang kebudayaan. Semoga ke depan, tali persaudaraan diantara kedua negara dapat semakin baik,” ujar Dong Wei.

Pada kesempatan yang sama, Hilmar Farid turut mengapresiasi kegiatan diplomasi kesenian ini. “Kegiataan ini merupakan ajang bagi para seniman di kedua belah pihak untuk saling bertukar kebudayaan. Juga membuka kesempatan residensi seniman untuk saling bertukar dan mempelajari seni budaya,” ucap Hilmar Farid.

Lebih lanjut, Beliau berharap agar kerjasama diantara Indonesia – Tiongkok tidak hanya sebatas di bidang kesenian semata.

“Semoga dengan terselenggaranya Pertunjukkan Kesenian Persahabatan Indonesia – Tiongkok ini kerjasama dan pertukaran tidak hanya sebatas pada kesenian, namun juga dapat saling bertukar di lever cagar budaya, museum, dan penelitian arkeologi manusia purba,” tukasnya.

Pertunjukkan Kesenina Persahabatan Indonesia – Tiongkok dimeriahkan dengan berbagai kesenian dari kedua belah negara. Diantaranya pertunjukkan tari Bali, seni akrobatik memutar piring dari Tiongkok, lagu Sing Sing So dari Sumatera Utara yang dinyanyikan dalam bahasa Mandarin, Pencak Silat, Wushu, dan ditutup dengan alunan musik kolaborasi gamelan Indonesia dan musik khas Tiongkok membawakan lagu Ayo Mama dari Maluku. (sak)

Add Comment