Saat Pantai Kutang Lamongan jadi Objek Lukisan

foto
Melukis massal di Pantai Kutang. Foto: Detikcom/Eko Sudjarwo.

Alam memang memberi banyak inspirasi, tak terkecuali bagi para pelukis. Pantai Kutang dan Pohon Trinil atau Taman ‘Harry Potter’ Lamongan, rupanya mampu mengekspresikan keindahan alam 100 pelukis asal Jawa Timur.

Menyebar di hampir seluruh penjuru pantai, para pelukis ini mengekspresikan keindahan Pantai Kutang melalui kanvasnya. Hal yang sama juga dilakukan pelukis saat di Taman ‘Harry Potter’.

Ketua Umum Komunitas Perupa Jawa Timur (Koperjati), Muit Arsa mengatakan kegiatan melukis massal yang bertajuk On The Spot Exhibition ‘@RTVENTURE#7’ Jelajah Jatim ini sebagai bentuk kepedulian terhadap seni rupa dan memfasilitasi para pencinta seni lukis dan budaya di Jawa Timur.

“Agenda kita lebih mempromosikan wisata budaya Jawa Timur ke kancah yang lebih luas,” kata Muit kepada Detikcom di sela melukis, Senin (11/12).

Muit mengaku, ratusan pelukis ini datang dari berbagai kota di Jawa Timur dan melukis massal di Pantai Kutang, Desa Labuhan dan Pohon Trinil atau Taman Harry Potter di Dusun Widhe, Desa Sendangharjo, Kecamatan Brondong.

“Lamongan merupakan tempat ke-7 yang telah dijamah oleh Koperjati pada kegiatan melukis massal setelah di 6 tempat lainnya di Jawa Timur,” aku Muit yang mengaku sengaja memilih lokasi wisata sebagai bagian dari promosi wisata ke masyarakat luas.

Muit menuturkan, sengaja memilih Pantai Kutang dan Taman Harry Potter sebagai lokasi melukis massal karena memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. “Dua lokasi ini sangat unik dan menarik. Apalagi ini lokasi wisata baru, yang juga kita promosikan melalui bidang seni rupa,” jelasnya.

Dari catatan panitia, ratusan seniman yang ikut melukis berasal dari Kabupaten Tuban, Bondowoso, Batu, Kediri, Jombang, Surabaya dan Probolinggo dan daerah lainnya.

“Ada 120 dari berbagai kota di Jawa Timur yang tergabung, namun karena kesibukan teman-teman juga ada yang tidak datang, ada juga yang tidak daftar tapi ikut datang, yang datang sekitar 40-an,” ucapnya.

Bahkan, lanjut Muit, selain seniman dewasa, tampak pula puluhan pelajar ikut menorehkan tinta cairnya di atas kanvas putih di bibir pantai. “Agenda ini juga diikuti para pelajar dari SMKN Kabuh, Jombang,” ujarnya. (sak)

Add Comment