10 Festival Budaya Nasional Sepanjang 2018

foto
Peserta berkostum Sriwijaya di Jember Fashion Carnaval ke-16 di Jember. Foto: Antara Foto/Seno.

Di awal tahun 2018 ini, ada beberapa agenda nasional yang bisa dicatat bagi Anda yang ingin melewatkan liburan di acara festival budaya dari berbagai daerah di Nusantara.

Sepanjang tahun 2018 diperkirakan tiga ribu even diselenggarakan, yang dikelola oleh berbagai kalangan, menurut Menteri Pariwisata RI Arief Yahya dalam sambutannya di buku “100 Wonder Calender of Event”.

“Seratus Wonder Event serta sepuluh top even yang diseleksi oleh tim kurator, telah ditentukan sebagai event pilihan tahun ini. Wisatawan dapat menggunakan sebagai rujukan, sementara para pemangku kepentingan dapat menggunakan sebagai panduan untuk menyusun program,” jelasnya seperti dikutip tirto.id.

Selain itu, tahun 2018 ditetapkan sebagai Tahun Visit Wondefull Indonesia. Dengan terbitnya 100 Wonder Calender of Event ini merupakan undangan terbuka untuk Visit Wonderfull Indonesia 2018.

Berikut 10 festival budaya nasional yang akan digelar sepanjang 2018 dari seluruh penjuru tanah air, dikutip dari buku “100 Wonder Calender of Event”:

Java Jazz
Java Jazz bisa dikatakan salah satu festival musik jazz terbesar di Indonesia yang digelar di JI Expo Kemayoran, Jakarta. Dihadiri oleh berbagai genre musik berbalut jazz, festival ini senantiasa menampilkan para legenda, pemula hingga bintang yang sedang bersinar.

Diselenggarakan secara rutin pada minggu pertama Maret, festival ini menjadi perayaan musik jazz para pecintanya lintas generasi. Di tahun 2018 ini, Java Jazz akan digelar pada 2 Maret 2018, bagi Anda yang berminat bisa menyiapkan diri, untuk info lebih lanjut tentang even ini bisa dilihat di www.jakarta-tourism.go.id.

Pesta Kesenian Bali

Pesta Kesenian Bali sering disebut sebagai festival seni terlama, terpanjang dan paling meriah dalam tradisi festival di Indonesia. Berlangsung selama sebulan penuh, melibatkan ribuan seniman dari seluruh penjuru Bali.

Berjenjang melalui kecamatan, kabupaten hingga propinsi. kompetisi tingkat desa, festival ini terkenal dengan karnaval pembukaan yang megah. Selama empat puluh tahun selalu dihadiri oleh Presiden RI. Tahun ini, Pesta Kesenian Bali akan digelar pada 16 Juni nanti yang mewakili puncak kerja seni sepanjang tahun.

Jember Fashion Carnaval
Jember Fashion Carnaval (JFC) terkenal sebagai jawaban terhadap festival dunia, baik Rio Carnaval, Noting Hill dan Venesia. Acara berlangsung empat hari dengan kategori anak, beragam adat, pameran dan konvensi fashion.

Dirintis oleh Dynand Fariz, seorang seniman dan pendidik yang menginspirasi munculnya gelombang karnaval di berbagai kota di Indonesia. JFC akan digelar pada 7 Agustus 2018 nanti sebagai ajang Fashion Extravagansa yang ditampilkan sepanjang lebih dari tiga kilometer. Berkat JFC, kota tenang Jember di Jawa Timur ini masuk dalam peta kota karnaval dunia.

Iron Man 70.3 Bintan
Diselenggarakan di Bintan, Ironman 70.3 adalah lomba berlari, berenang dan bersepeda sambil menjelajah keindahan alam daerah itu. Acara yang digelar pada 19 Agustus 2018 ini secara regular diikuti oleh atlet dunia dan telah masuk kualifikasi tingkat dunia.

Festival Payung Indonesia
Festival ini menampilkan para maestro pengrajin dari desa payung Indonesia, pameran lukisan payung, rajut payung kreatif, fashion wastra nusantara hingga bazar seni payung. Karya instalasi dan arsitektur bercitra payung, menghiasi arena festival dan memindahkannya kehebohan di instagram dan sosial media.

Dipamerkan secara reguler delegasi tradisi payung dari beberapa negara Asia seperti Thailand, Jepang, Brunei, Malaysia dan Cina.

Di bawah tema Sepayung Indonesia, pertunjukan ikonik dari para maestro tari ditampilkan bersamaan dengan karya kontemporer seniman muda pada 20 Agustus hingga 8 September 2018.

Sanur Village Festival
Sanur Village Festival mem-branding “village” menjadi acuan dari kegiatan. Ini yang menjadi daya tarik bahwa Sanur Village Festival memiliki nilai lebih untuk dikunjungi sebagai festival yang berbeda dengan daerah lainnya.

Village Festival terus tumbuh dan berkembang dengan meletakkan pondasi kuat “the new spirit of heritage” sebagai jati dirinya. Acara ini akan digelar di Desa Sanur, Kota Denpasar pada 24-28 Agustus 2018.

Karnaval Kemerdekaan
Karnaval Kemerdekaan adalah parade budaya tahunan yang diselenggarakan secara bergilir di kota dan atau destinasi terpilih di Indonesia. Pontianak (2015), Danau Toba (2016) dan Bandung (2017). Selama sepuluh tahun pertama sejak 2005 diselenggarakan secara tetap di depan Istana Negara, Jakarta.

Festival ini digelar pada 25 Agustus 2018 memamerkan kekayaan budaya visual dan busana Nusantara yang megah dan semarak, selalu dirangkaikan dengan perayaan Kemerdekaan Indonesia.

Grand Karnaval Indonesia
Karnaval puncak yang menghimpun berbagai ragam karnaval di Indonesia, yang di koordinasi oleh JFC. Diselenggarakan setiap tiga tahun sekali dengan tempat yang berpindah pindah dengan tematik pilihan.

Untuk pertama kalinya diselenggarakan di Jakarta berkenaan dengan penyelenggaraan ASIAN Games 18 pada Agustus 2018. Grand Karnaval ini akan digelar di Jakarta pada 27 Agustus 2018.

Banyuwangi Ethno Carnival
Karnaval etnik ini digelar di Sunrise of Java, menyajikan keanggunan busana etnik nusantara. Etnik Jawa, Madura, Padalungan, Bali dan Osing berkolaborasi menyusun ekspresi seni yang unik. Dengan alunan suara dan gerak Gandrung Sewu, yang menjadi ikon Banyuwangi, karnaval mengalir di sepanjang jalan. Karnaval ini akan digelar 10 November 2018.

Borobudur Marathon
Berlari melewati desa tradisi dan hutan lokal, sambil mengelilingi Borobudur, menjadikan Borobudur Marathon memori tak terlupakan bagi para pesertanya. Jalur yang dipilih tidak linear tetapi sirkular dengan tujuan agar peserta mengikuti maraton yang menghormati raga dan memuliakan rasa. Festival ini digelar pada 18 November 2018 di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. (ist)

Add Comment