Atraksi Seni Tiap Malam di Banyuwangi

foto
Bupati Abdullah Azwar Anas membuka Banyuwangi Culture Everyday. Foto: Detikcom/Ardian Fanani.

Wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi kini bisa menikmati atraksi seni khas Bumi Blambangan setiap hari. Tidak lagi hanya di akhir pekan, festival budaya akan digelar setiap malam oleh pemkab di Alun-Alun Taman Blambangan.

Seperti ‘Banyuwangi Culture Everyday’ dimulai akhir Februari 2018 lalu yang dibuka Bupati Abdullah Azwar Anas. Menurut Bupati Anas, festival budaya ini akan menjadi atraksi baru yang bisa dinikmati wisatawan setiap hari.

“Kapan pun mereka datang, wisatawan bisa menikmati kesenian Banyuwangi tanpa harus menunggu kalender wisata tertentu,” kata ungkap Anas kepada Detikcom.

Festival ini, lanjut Anas, juga sebagai upaya melestarikan budaya Banyuwangi agar terus tumbuh. Anas ingin generasi muda bisa melestarikan dan mengembangkan kreativitas seni.

“Selain itu, festival budaya ini juga ajang konsolidasi bagi pelaku seni karena secara tak langsung mereka dipacu untuk menampilkan sesuatu yang menarik, bahkan mungkin baru, karena digelar setiap harinya. Jadi ini juga trigger bagi seniman dan calon seniman untuk menemukan kreasi baru,” kata Anas.

Pada pembukaan kemarin malam, ditampilkan Tari Jejer Jaran Dawuk oleh pelajar SMPN I Banyuwangi, yang diiringi gamelan musik gamelan rancak khas Banyuwangi yang juga dimainkan para pelajar. Lalu ada tarian Rhodat Syiiran, kembang pesisir dan kesenian lainnya.

Penampilan perdana tadi malam mendapat antusiasme yang tinggi dari para penonton. Di antara penonton yang memadati panggung Taman Blambangan terdapat wisatawan manca negara. (dtc)

Add Comment