Minimnya Fasilitas di Candi Kedaton Probolinggo

foto
Candi Kedaton, salah satu peninggalan kerajaan Majapahit di Probolinggo. Foto: Detikcom/M Rofiq.

Keberadaan Candi Lawang Kedaton atau yang lebih akrab disebut Candi Kedaton ini sungguh memprihatinkan. Salah satunya karena cagar budaya peninggalan kerajaan Majapahit itu tidak dilengkapi fasilitas pendukung bagi wisatawan.

Bahkan sisi samping candi di mana batu reruntuhan candi disimpan juga terlihat tak terawat. Beberapa atap dan kayu penyangga ruang penyimpanan itu sudah tidak layak lagi. Dinding kayunya pun keropos.

Niman (49) salah satu penjaga Candi Kedaton mengatakan, candi tersebut memang banyak dikunjungi, namun fasilitas pendukungnya masih belum tersedia.

“Terutama belum ada pembangunan toilet sehingga kalau ada wisatawan yang berkunjung mereka kesulitan dengan fasilitas tersebut,” katanya saat ditemui Detikcom di lokasi candi, Rabu (18/4).

Tak hanya fasilitas toilet yang perlu untuk dibangun namun juga pos penjagaan untuk keamanan candi. Bagian kaca di pos tersebut sudah mulai hancur berikut langit-langit di pos tersebut.

Niman mengaku sudah mengusulkan penambahan fasilitas tersebut kepada pengelola candi, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim di Mojokerto. “Kami sudah usulkan untuk ada penambahan fasilitas tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Andung Biru Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo, Sam mengatakan pihaknya sangat mendukung jika sektor pariwisata alam dikembangkan di wilayahnya, di mana Candi Kedaton termasuk di dalamnya.

“Untuk tahun kemarin akses jalan menuju Candi Kedaton sudah ada perbaikan meski hanya 1,5 meter,” ujarnya.

Namun baginya, ini akan mempermudah akses bagi wisatawan menuju ke lokasi candi. “Sebab lokasi candi ini berada di bawah tebing sehingga wisatawan harus turun dengan berjalan kaki menuju ke tempat tersebut,” tutupnya.

Candi Kedaton sendiri berdiri pada abad ke 14, tepatnya pada zaman kepemimpinan Raja Hayam Wuruk. Menurut Niman, candi yang terletak di Desa Andung Biru Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo merupakan tempat persinggahan Dewi Rengganis.

Dewi Rengganis merupakan sepenggal legenda yang tersiar di masyarakat sekitar. Konon, saat dilamar raja Majapahit, ia meminta syarat dibangunkan candi yang sekarang dikenal dengan Candi Kedaton ini serta taman hidup yang ditumbuhi bunga-bunga yang indah, sebagai syarat untuk memiliki Dewi Rengganis yang terkenal akan kecantikannya. (dtc)

Add Comment