Lewat Danglung, Zainul Inisiasi Desa Wisata

foto
Zainul Arifin, penerima program Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards 2016. Foto: Tempo.co.

“Jadilah orang Indonesia yang berkearifan lokal, sehingga Anda tahu bahwa nusantara memang benar-benar Bhinneka Tunggal Ika. Yang sama jangan dibedakan, yang beda jangan disamakan,” kata Zainul Arifin di masa penjurian program Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards 2016.

Zainul adalah salah satu penerima apresiasi SATU Indonesia Awards dalam upayanya menanam serta menumbuhkan rasa nasionalis dan cinta kekayaan bangsa melalui seni budaya serta kearifan lokal.

Pria muda asal Lumajang, Jawa Timur ini memiliki gagasan dalam sebuah program yang bertajuk “Pengenalan Pendidikan Kearifan Lokal melalui Sadar Wisata dan Musik Tradisional Daerah.”

Sejak tanggal 10 November 2007, ia bersama warga desa tempat kelahirannya membentuk program desa wisata. Kegiatan ini tidak hanya menjadi sarana berbagi kearifan lokal, namun juga menumbuhkan usaha ekonomi baru dengan keterampilan yang dimiliki masyarakat sekitar.

Tidak mudah bagi Zainul untuk meyakinkan warga setempat tentang program yang ia miliki. Awalnya mengenalkan musik Danglung sebagai musik khas Lumajang sempat ditolak oleh warga karena dinilai sesat.

Perlahan tapi pasti, Zainul pun berhasil mendapatkan kepercayaan warga, bahkan banyak dari warga pun akhirnya mengikuti program gagasannya.

Setelah menerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2016, Zainul pun semakin jauh mengembangkan program ini. Ia memanfaatkan dana yang diberikan untuk pembinaan ke kelompok sadar wisata dan pembinaan masyarakat, serta pelestarian seni budaya.

Sejumlah kegiatan pun dilakukan oleh Zainul, antara lain Peluncuran Kampung Kreatif Dingklik Pasinan serta lomba yel budaya anti narkoba yang bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional di Lumajang dan sekitarnya.

Bahkan, Zainul pun melanjutkan kerjasama pengembangan dan pelestarian budaya dengan Raja Ubud Dr Ir Tjokorda Oka, yang telah terjalin sejak tahun 2013.

Kepedulian Zainul Arifin terhadap pengenalan budaya serta pemberdayaan masyarakat desa di tempat asalnya adalah satu di antara banyak cerita para penerima apresiasi SATU Indonesia Awards.

Pemuda pemudi seperti Zainul masih banyak lagi tersebar di seluruh pelosok tanah air Indonesia. Untuk mengetahui lebih lanjut lagi tentang generasi muda kreatif lain dalam program SATU Indonesia Awards, silakan kunjungi website www.satu-indonesia.com. (ist)

Add Comment