Lestarikan Budaya, Warga di Gresik Gelar ‘Udik-Udikan’

foto
Warga berebut uang koin saat ‘Udik-Udikan’ saat tradisi Sedekah Bumi. Foto: TIMES Indonesia/Akmal.

Ratusan masyarakat Desa Dukuhkembar, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik menggelar kegiatan Sedekah Bumi. Hal itu bertujuan untuk melestarikan budaya dan tradisi.

Sejak Kamis (3/5) pagi, warga sudah berkumpul di makam sesepuh desa, tua, muda, anak-anak berkumpul. Sebelum memulai tradisi, mereka menggelar tahlil dan mendoakan orang – orang yang sudah meninggal.

Masih di makam sesepuh desa yang juga tokoh agama, para warga berkumpul, mereka membawa ratusan jajanan dari rumah yang didoakan oleh tokoh agama desa. Setelah didoakan, mereka makan bersama.

Suasana akrab terjadi, mereka percaya, keberkahan akan selalu didapat usai mengikuti tradisi tersebut. Uniknya, diakhir kegiatan tersebut, mereka juga menggelar “Udik-Udikan” atau membagikan uang logam.

Menurut Kepala Desa (Kades), Dukuhkembar, Asikin mengatakan, kegiatan tersebut sudah dilakukan sejak berpuluh-puluh tahun silam. Hingga kata dia, para warga mempercayai bahwa Sedekah Bumi dapat mendatangkan keberkahan.

“Sudah bertahun-tahun. Ya, harus selalu diadakan, ini dilakukan untuk mengakrabkan warga sekaligus melestarikan adat istiadat,” katanya dikutip TIMESIndonesia.co.id, Kamis (3/5).

Asikin membeberkan, kegiatan tahunan itu tiap kali dilakukan saat satu bulan sebelum Bulan Ramadan. Dirinya berharap, tradisi ini tak pernah hilang dan tetap dilestarikan oleh warga.

Dikatakan dia, kegiatan ini juga sebagai sarana warga untuk berkumpul. “Ya, semua warga desa berkumpul. Bahkan yang merantau mereka pulang,” tutur dia.

Keunikan lain, jika biasanya juru masak adalah perempuan. Khusus dalam Sedekah Bumi, kaum hawa tak dilibatkan, semua urusan dapur dikerjakan oleh kaum adam.

Mulai dari memotong daging, memasak, hingga menyajikan semua dilakukan oleh kaum laki-laki. “Tak tahu persis alasanya apa, pokoknya kalau waktu Sedekah Bumi, yang memasak adalah laki-laki,” tambah juru masak, Mat Sukri (56).

Salah satu warga Sudiman mengaku, jika kegiatan Sedekah Bumi merupakan salah satu sarana untuk berkumpul dengan keluarga dan kerabat. Dia mengaku, mencari berkah. “Selalu ikut setiap tahunnya,” jelas dia. (ist)

Add Comment