Rekor MURI 2.797 Rampak Barong di Trenggalek

foto
Puti Guntur Soekarno menyaksikan Rekor MURI Rampak Barong di Trenggalek. Foto: Istimewa.

Komitmen pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur nomor urut 2, Gus Ipul-Mbak Puti untuk mengangkat budaya Jawa Timur tidak perlu dipertanyakan lagi. Komitmen itu bukan hanya sekedar klaim, janji ataupun pemanis belaka.

Komitmen untuk mengangkat budaya adiluhung yang ada di Jawa Timur itu dibuktikan dalam pagelaran Rampak Barong yang digelar di Stadion Menak Sompal Kabupaten Trenggalek pada Kamis (31/5). Tidak tanggung-tanggung, jumlahnya pun mencapai 2.797 Rampak Barong.

Belum lagi, ribuan penonton yang hadir memenuhi dalam tribun dan luar stadion. Mereka tumplek blek untuk menyaksikan pagelaran Rampak Barong dari berbagai daerah di Jawa Timur yang diselenggarakan Taruna Merah Putih (TMP) Jawa Timur.

Acara yang dinobatkan masuk Museum Rekor Indonesia sekaligus dikukuhkan sebagai Rekor Dunia oleh MURI itu semakin meriah karena dihadiri langsung oleh Puti Guntur Soekarno, cucu sulung Presiden pertama RI, Soekarno.

Sambutan kehadiran calon wakil gubernur Jatim nomor urut dua pun riuh menggema di dalam dan luar stadion. Termasuk para pemain pun ikut menari berlenggak-lenggok memainkan Rampak Barong dengan diiringi jingle lagu ‘Kabeh Sedulur, Kabeh Makmur’.

Wasekjen DPP PDI P Ahmad Basarah, Ketua DPD PDI Jatim Kusnadi, Ketua TMP Jatim M Nur Arifin, tokoh masyarakat Trenggalek serta jajaran PDIP dan para kader hadir di acara yang menumbangkan rekor sebelumnya yang dipegang Kediri dengan 2.000 peserta.

Basarah mengajak agar masyarakat Jawa Timur memilih pemimpin yang peduli dan melestarikan budaya Indonesia. “Marilah kita mendukung cucu pertama Bung Karno, Mbak Puti Guntur Soekarno sebagai wakil gubernur Jawa Timur yang peduli dan melestarikan budaya,” ajaknya, seperti dikutip Merdeka.com.

“Jangan sampai salah memilih pemimpin. Pilihlah pemimpin yang nasionalis dan religius, dan itu ada di dalam sosok Gus Ipul dan Mbak Puti,” ungkapnya.

Piagam rekor Muri diserahkan Sri Widayati, perwakilan dari MURI kepada Ketua DPD Taruna Merah Putih Jawa Timur Mohammad Nur Arifin serta Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Puti Guntur Soekarno.

Puti Guntur Soekarno berpesan, agar kecintaan terhadap budaya dan kesenian tradisional asli Indonesia harus tetap dijaga dan dilestarikan. Ia pun berkomitmen dengan Gus Ipul mempertahankan dan mengangkat potensi kesenian dan budaya di Jawa Timur.

“Potensi itu yang kemudian hari bisa menjadi potensi wisata. Kita harus mencintai dan melestarikan kebudayaan asli Indonesia,” ungkap dia. Selain pagelaran Rampak Barong, acara tersebut juga digelar pengajian dan aksi bagi takjil kepada 5.000 warga.

“Di sini kita sambil ngabuburit dengan menyaksikan pagelaran Rampak Barong,” kata Ketua TMP Jatim M Nur Arifin dengan berucap syukur pagelaran Rampak Barong sukses dan meriah digelar di Kabupaten Trenggalek. (ist)

Add Comment