Catat! 13 Agenda Festival Budaya Tahun Ini

foto
Penandatanganan nota kesepahaman untuk pendampingan festival budaya 2018. Foto: Medcom.id/Intan Yunelia.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tahun ini akan menggelar 13 Festival Budaya sepanjang tahun 2018. Acara tersebut digelar di 9 daerah di tanah air.

“Hari ini para wakil Pemerintah Daerah, para Bupati bertemu dengan bapak Dirjen Kebudayaan untuk bersama menandatangani nota kesepahaman (MOU – Memorandum of Understanding) untuk pendampingan festival,” kata Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid di kantor Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, pekan lalu.

Kemendikbud melalui Dirjen Kebudayaan membentuk platform pengembangan tim Indonesiana. Tim ini yang merumuskan kegiatan festival kebudayaan pada tingkat nasional dan daerah, serta pada tataran tata kelola dan penyelenggaraan.

“Setelah melalui proses yang panjang, forum diskusi, timbang pandang dan perumusan bersama antara Kemendikbud melalui Tim Indonesiana, pemerintah daerah dan komunitas, maka untuk tahun 2018 diputuskan akan digelar 13 festival dari 9 wilayah,” jelasnya seperti dilansir Medcom.id.

Menurut Farid, festival budaya berpotensi menjadi ajang untuk menguatkan karakter bangsa. Festival-festival budaya juga dapat menjadi wahana untuk menumbuh kembangkan identitas warga, agar tercipta kepercayaan diri bangsa dan sifat saling menghargai untuk menguatkan persatuan-kesatuan bangsa.

“Selain itu festival budaya memiliki potensi bukan hanya mengangkat keunikan daerah, melainkan juga ketersambungan daerah,” ucapnya.

Lebih jauh, festival budaya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat, peningkatan kemampuan dan profesionalisme tingkat individu, aspirasi yang terpenuhi di tingkat komunitas, dan kohesi sosial di tingkat daerah. “Serta pemerataan kesempatan memperoleh pendapatan di tingkat masyarakat, juga perkembangan kebudayaan yang seimbang antara pelestarian dan pemajuan,” pungkasnya. (ist)

Daftar 9 Wilayah Festival Budaya 2018 :

1. Festival Fulan Fehan & Foho Rai: 3 Juli – Oktober 2018 – Belu NTT
2. Festival Budaya Saman: 4 September – 24 November 2018 – Gayo Lues Aceh
3. International Gamelan Festival: 9 – 16 Agustus 2018 – Solo s/d Blora Jateng
4. Bebunyian Sintuvu: 10 Agustus – Oktober 2018 – Sigi s/d Palu Sulawesi Tengah
5. Festival Seni Multatuli: 6 – 9 September 2018 – Lebak Banten
6. Silek Arts Festival: 7 Sept – 30 Nov 2018 – Padang s/d Pesisir Selatan Sumbar
7. Festival Folklor: 12 – 15 September 2018 – Blora Jateng
8. Amboina International Bamboowind Music Festival: 23 – 27 Oktober 2018 – Ambon Maluku.
9. Indonesia Weaving Festival: 14 – 17 Oktober 2018 – Tapanuli Utara Sumut

Add Comment