Makam-Makam Kuno yang Masih Penuh Misteri

foto
Makam Syaikh Syamsuddin Al-Wasil di Kediri. Foto: nu.or.id.

Keberadaan pemakaman kuno layaknya sebuah kode yang mengandung banyak informasi baru atau menyisakan sebuah misteri. Dalam beberapa tahun terakhir, banyak penemuan baru terkait makam kuno, entah itu makam kuno dari pejabat penting, buruh, atau bayi.

Berikut deretan makam-makam kuno di Indonesia, seperti dilaporkan Sindonews.com, yang hingga detik ini masih menyimpan teka-teki.

Makam kuno sejarah Islam di Kudus
Makam kuno yang diperkirakan berusia ribuan tahun ditemukan di Desa Loram Kulon, Kecamatan Jati, Kudus. Panjang kuburan itu masing-masing berukuran 1,5 x 2 meter, terbuat dari batu bata berbentuk kerucut.

Makam ini diperkirakan merupakan peninggalan sejarah Islam. Selain dari tumpukan batu batanya, model pengukubarannya dihadapkan ke barat atau arah kiblat.

Makam Syaikh Syamsuddin Al-Wasil
Makam ini berada di Kabupaten Kediri, tepatnya di komplek pemakaman Setana Gedong. Makam ini berada di sebelah barat laut Masjid Setana Gedong.

Menurut penelitian Prof Dr Habib Mustopo, guru besar UIN Malang mengatakan bahwa tokoh Syaikh Syamsuddin adalah seorang ulama besar yang hidup pada abad ke-12, yaitu pada masa kerajaan Kediri.

Makam Fatimah binti Maimun
Makam Fatimah binti Maimun binti Habatallah ini berada di Dusun Leran, Desa Pesucian, Kecamatan Manyar, Gresik. Pada batu nisannya menunjukkan angka 475 H/ 1082 M.

Makam kuno Kerajaan Islam Lamuri di Aceh
Ratusan makam kuno ditemukan di kawasan perbukitan Kreung Raya, Desa Lamreh, Kecamatan Masjid Raya, Kabupaten Aceh Besar, Aceh.

Di perbukitan yang diduga sebagai pusat Kerajaan Islam Lamuri di masa lampau itu, para arkeolog menemukan sekitar 474 makam kuno dengan batu nisan berukir tulisan Arab Jawi.

Saat ditelisik, di batu nisan itu tertulis nama-nama tokoh penting pada Kerajaan Islam Lamuri masa lampau.

Makam Sultan Malikus Saleh
Di Aceh Utara terdapat sebuah peninggalan makam kuno yang bertanggalkan 696 H/1297 M. Nama sang empunya makam tersebut adalah Sultan Malikus Saleh.

Beliau adalah Raja Pasai pertama yang mempunyai peranan besar dalam pengembangan dakwah Islam di Nusantara.

Makam Syaikh Maulana Malik Ibrahim
Di Gresik terdapat salah satu makam Islam tertua di Indonesia, yaitu makam salah satu waliyullah yang dikenal dengan sebutan Walisongo.

Tepatnya di kampung Gapura di dalam Kota Gresik terdapat makam Syeikh Maulana Malik Ibrahim atau dikenal dengan nama Sunan Gresik. Makam ini bertuliskan angka 882 H/ 1419 M.

Makam kuno berusia 500 tahun di Sumenep
Sebanyak tujuh makam kuno yang diperkirakan berusia 500 tahun ditemukan di Dusun Kampung Baru, Desa Pandian, Sumenep Jawa Timur.

Di salah satu nisan makam kuno ditemukan tulisan dalam bahasa Arab yaitu Syeh Sayyid Abdullah, dia berjuluk Maha Pati Raja Anggadipa. Diperkirakan makam-makam tersebut terkait dengan makam raja-raja keraton Sumenep Asta Tinggi. (ist)

Add Comment