Workshop Seni Tradisi Seni Arak-Arakan

foto
Workshop Seni Tradisi tahun 2018 dengan tema “Seni Arak-Arakan Jawa Timur” di Sumenep. Foto: Istimewa.com.

Menyongsong kegiatan Jatim Specta Night Carnival yang akan dilaksanakan 20 Oktober 2018 mendatang, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Timur menggelar Workshop Seni Tradisi 2018 bertema “Seni Arak-Arakan Jawa Timur” di Sumenep selama dua hari.

“Kemarin, selama dua hari kami menggelar workshop Seni Arak-Arakan Jawa Timur di Sumenep,” kata Kepala Seksi Pengembangan Kelembagaan Budaya Disbudpar Jatim, Pramuka Atmaji di Surabaya, Rabu (5/9), seperti dilaporkan Jatimnews Room.

Dikatakannya, acara ini dimaksudkan agar karnaval yang akan diselenggarakan di Sumenep dapat terlaksana dengan baik sesuai konsep penyelenggaraannya.

Sebagaimana diketahui, karnaval telah dilaksanakan untuk kali keempat ini berlangsung malam hari sehingga dibutuhkan kiat khusus bagi peserta agar dapat tampil maksimal.

Sebanyak 4 (empat) narasumber dihadirkan dalam workshop kali ini untuk memberikan wawasan tentang Seni Arak-Arakan Jawa Timur.

Materi yang disampaikan narasumber yaitu “Penataan Arak-arakan (Teknik Penyajian) oleh Heri Lentho Prasetyo; “Penataan Artistik” dengan narasumber Nanang Moechsinin alias Nanang Gabus.

Materi ketiga “Desain Tata Rias dan Busana” oleh Subari Sofyan, dan materi keempat adalah “Estetika Keraton/kadipaten dalam Perspektif Kesejarahan Jawa Timur” dengan narasumber sejarawan Adrian Perkasa. (jnr)

Add Comment