Belajar Membatik di Rumah Batik Jawa Timur

foto
Rumah Batik Jawa Timur di Surabaya. Foto: Suara.com.

Liburan dengan cara yang asyik dan mendidik di Kota Surabaya bisa dilakukan dengan berkunjung ke Rumah Batik Jawa Timur. Di tempat wisata ini, Anda dapat menemukan koleksi batik yang lengkap. Tak ketinggalan, para pengunjung juga bisa mencoba membuat batik secara langsung di tempat ini.

Seperti dilaporkan Suara.com, keberadaan Rumah Batik ini merupakan upaya dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam memperkenalkan budaya batik yang berasal dari beragam kota di Jawa Timur.

Apalagi, selama ini keberadaan kain batik lebih identik dengan budaya yang dari Jawa Tengah. Padahal, batik yang berasal dari kota-kota di Jawa Timur tak kalah unik dan menariknya.

Rumah Batik Jawa Timur menyimpan lebih dari 2 ribu motif batik yang berasal dari berbagai kota. Anda pun bisa melihat perbedaan motif batik di tempat ini, termasuk diantaranya adalah batik dari Pamekasan, Sampang, Pacitan, Lamongan, Tulungagung, Malang, Jember, ataupun Kediri.

Motif batik-batik yang didatangkan dari kota-kota tersebut pun memiliki ciri khas masing-masing. Dibandingkan dengan batik di Jawa Tengah, secara umum motif batik di Jawa Timur terlihat lebih berwarna.

Hal ini merupakan ciri khas yang kerap dijumpai pada batik pesisir. Salah satu motif batik yang menarik dari Jawa Timur adalah motif gajah weling Banyuwangi, yang kerap dibuat dengan menggunakan kain dengan tekstur keras.

Batik-batik yang bisa ditemukan di sini tak hanya berupa batik tulis, tapi juga batik cap. Para pengunjung dapat memanfaatkan waktu kedatangan ke Rumah Batik sebagai sarana untuk membeli batik dengan beragam opsi. Anda bisa membeli batik di sini secara satuan ataupun grosir.

Jenis batik yang bisa ditemukan di sini juga beragam. Anda tak hanya bisa membeli baju batik. Di waktu yang sama, Rumah Batik juga menyediakan sarung batik atau batik yang masih berupa lembaran kain. Anda bisa belanja batik di tempat ini setiap hari pukul 08.00 sampai 20.00 WIB.

Rumah Batik Jawa Timur tak hanya menjadi sarana untuk belanja beragam jenis produk batik. Para pengunjung juga berkesempatan untuk mengikuti kelas cara membuat batik.

Untuk mengikuti kegiatan ini, Anda bisa datang ke Rumah Batik setiap hari pukul 10.00 sampai 19.00 WIB. Para pengunjung yang ingin datang ke tempat wisata budaya di Surabaya ini pun tak perlu mengeluarkan uang sepeserpun, alias gratis.

Karena tiket masuknya gratis, sangat disayangkan kalau Anda melewatkan kesempatan untuk bisa belajar membatik sekaligus belanja di Rumah Batik Jawa Timur. Apalagi lokasinya cukup mudah dijangkau,yaitu di Jalan Margorejo F Nomor 143, Surabaya. (ist)

Add Comment