Penetapan Warisan Budaya TakBenda Indonesia

foto
Megibung merupakan adat istiadat masyarakat Bali. Foto: Kemdikbud.go.id.

Sebanyak 225 karya budaya rencananya akan ditetapkan sebagai Warisan Budaya TakBenda Indonesia 2018. Dua ratus dua puluh lima karya budaya ini merupakan hasil final dari 461 usulan karya budaya yang diajukan 30 provinsi di Indonesia, dan sudah melalui tahap seleksi ketat oleh para tim ahli.

Direktur Warisan Diplomasi Budaya, Nadjamuddin Ramly, mengatakan adanya penetapan ini untuk menguatkan hasrat dan martabat bangsa. Sekaligus mempromosikan Warisan Budaya TakBenda kepada masyarakat luas dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Ini juga penyegar ingatan bagi generasi muda tentang warisan leluhurnya. Jika tidak ditetapkan tidak ada regenerasi dan hanya bisa mengatakan ‘konon di masa lalu kita punya ini’. Ini yang dihindari,” ujarnya dalam acara Taklimat Media Apresiasi Penetapan Warisan Budaya Tak Benda Indonesia Tahun 2018, di kantor Kemendikbud, beberapa waktu lalu.

Tahun ini, sekitar 416 usulan karya budaya didaftarkan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Adapun domain yang menjadi indikator penetapan sesuai dengan Peraturan Presiden No. 78 Tahun 20107 tentang Pengesahan Convension for the Safeguarding of Intangible Cultural Heritage.

Indikator tersebut adalah tradisi dan ekspresi lisan; seni pertunjukan; adat istiadat masyarakat, ritus, dan perayaan-perayaan; pengetahuan dan kebiasaan perilaku mengenai alam dan semesta; kemahiran kerajinan tradisional.

Adapun, agenda Apresiasi Penetapan Warisan Budaya TakBenda Indonesia dan penyerahan sertifikat dilakukan 10 Oktober di Gedung Kesenian Jakarta. Penyerahan sertifikat diserahkan langsung Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, dan dihadiri gubernur dari provinsi-provinsi yang karya budayanya akan ditetapkan.

Seperti diketahui, penetapan Warisan Budaya Takbenda Indonesia 2018 telah diselenggarakan sejak tahun 2013. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sejak tahun 2013 – 2018 telah menetapkan 819 Warisan Budaya TakBenda Indonesia. (sumber)

Add Comment