Yenny Wahid: Kita Bersama Dukung Palestina

foto
Yenny Wahid bersama Menlu Retno Marsudi dan delegasi Palestina. Foto: Istimewa.

Ketua Konsorsium Kader Gus Dur, Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid yang akrab disappa Yenny Wahid ikut hadir dan aktif dalam acara jalan santai bertema ‘Walk for Peace and Humanity’ untuk Palestina di kawasan car free day Bundaran Hotel Indonesia (HI), Minggu (14/10) pagi.

Acara ini merupakan bentuk dukungan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina. Jalan santai ini dimulai dari Wisma Mandiri hingga Bundaran HI. Acara tersebut turut dihadiri delegasi dari Palestina.

Putri kedua pasangan Abdurrahman Wahid (alm) dan Sinta Nuriyah ini hadir bersama sejumlah pendukunganya yang tergabung dalam Konsorsium Kader Gus Dur, yang beberapa waktu lalu mendeklarasikan dukungannya kepada pasangan Jokowi-KH Ma’ruf Amin untuk memenangkan Pilpres 2019.

Menurut Yenny, kehadirannya sebagai bagian dari komitmen bangsa Indonesia yang selama ini menjaga solidaritas terhadap Palestina. “Dulu Gus Dur pun selalu menjali komunikasi dengan Yasser Arafat cukup intens, jadi ya ini sudah bagian dari DNA kita dalam membela mereka-mereka yang terdzolimi,” kata Yenny Wahid kepada media di sela-sela acara.

Dikatakan, perjuangan terhadap kemerdekaan Palestina ini bukankan perjuangan satu agama saja. Bahwa perjuangan Palestina itu merupakan perjuangan bersama seluruh masyarakat Indonesia dan dunia.

“Kalau kita lihat yang mendukung Palestina di banyak negara itu justru non muslim. Dimana-mana ada non muslimnya. Artinya jangan mengotakkan perjuangan Palestinas menjadi perjuangan agama, kasihan nanti orang Palestinanya sendiri. Nanti yang non muslim di Palestina tidak ada yang membela,” paparnya.

Maka menjadi sangat wajar saat acara, doa dari lintas agama, tak hanya Islam, dilantumkan. “Ini bukti bahwa kita semua berhak memberikan solidaritas terhadap Palestina,” tegas Yenny. “Kita semua bersatu sebagai satu Indonesia mendukung kemerdekaan Palestina, untuk mendukung perjuangan Palestina.”

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi yang menginisiasi acara dan hadir bersama Menlu Palestina mengatakan acara ini merupakan rangkaian dari ‘Solidarity Week for Palestine’ yang sudah digelar pada Sabtu (13/10) lalu di Bandung.

Dalam acara yang bertajuk ‘Walk for Peace and Humanity’ ini, Menlu Retno Marsudi juga mengingatkan pentingnya Palestina mendapatkan dukungan kuat dari Indonesia. Retno mengapresiasi pada peserta yang mengikuti rangkaian acara karena sama saja memberikan dukungan bagi Palestina.

“Makasih Ibu Bapak sudah tiba di sini untuk menunjukan keberpihakan kita kepada Palestina, sekali lagi kita bersatu. Satu Indonesia untuk Palestina,” ungkapnya. (sak)

Add Comment