Belajar Bahasa dan Budaya Korea Lewat Film

foto
Acara nonton bareng film Korea di CGV Marvell City Mall Surabaya. Foto: petra.co.id.

Pengaruh budaya Korea di kalangan anak muda sangat besar, tidak terkecuali di Indonesia. Belajar budaya Korea dapat dilakukan melalui berbagai cara.

King Sejong Institute (KSI) Surabaya punya berbagai cara menarik untuk memperkenalkan budaya dan bahasa Korea kepada masyarakat. Salah satunya dengan nobar (nonton bareng). Kegiatan ini dikemas dalam gelaran Korean Movie Day 2 di CGV Marvell City Mall Surabaya.

Dalam kegiatan ini, KSI menggandeng CGV Cinema Marvell City dalam pelaksanaannya. Sebelumnya, pada Maret 2018, KSI telah mengadakan kegiatan serupa dengan film The Princess and the Matchmaker.

“Antusiasme peserta pada Korean Movie Day yang lalu cukup tinggi, hal ini yang membuat kita memutuskan untuk melaksanakan Korean Movie Day yang kedua,” ujar Direktur KSI Surabaya Dr Liliek Soelistyo MA selaku beberapa waktu lalu.

Kali ini, film yang dipilih adalah Midnight Runners yang dibintangi oleh beberapa aktor Korea papan atas yaitu Park Seo Joon dan Kang Ha Neul. “Film ini dipilih untuk ditayangkan pada Korean Movie Day 2 karena para aktornya merupakan aktor-aktor yang sedang naik daun dan diminati oleh masyarakat,” ungkap Dyah Sekarini H AMd, salah satu staff KSI Surabaya.

Midnight Runners bercerita tentang dua orang pemuda yang menempuh pendidikan di Universitas Kepolisian. Keduanya memiliki mimpi serupa yaitu menjadi petugas kepolisian, namun memiliki latar belakang dan sifat yang sangat berbeda. Mereka dipertemukan saat masa orientasi sebelum resmi masuk Universitas Kepolisian.

Keduanya menjadi sahabat, hingga suatu malam, mereka terjebak dalam peristiwa yang dilematis saat mereka jadi saksi kasus penculikan remaja perempuan. Di satu sisi, keduanya memiliki semangat berapi-api untuk membongkar kasus sesuai teknik dan pengetahuan yang mereka dapat di kampus.

Sementara di sisi lain, ada urusan birokrasi yang rumit yang menghalangi mereka menguak kasus penculikan remaja-remaja wanita. Keduanya berjuang hingga akhirnya berhasil memecahkan kasus tersebut. Dibalut dengan unsur komedi dan action, para peserta begitu antusias selama film diputar.

Suasana studio sangat meriah dengan kekompakan 325 peserta menanggapi adegan-adegan laga yang menantang maupun adegan lucu dalam film berdurasi sekitar 110 menit ini.

Peserta berasal dari berbagai kalangan, baik murid KSI, mahasiswa, alumni, dosen, bahkan orang tua. Salah satunya Fenny Anggraini yang mengaku mengikuti Korean Movie Day setelah diajak oleh salah seorang temannya.

“Saya tertarik mengikuti kegiatan ini karena saya suka Korea dan suka dengan pemain-pemainnya karena sebelumnya saya telah menonton beberapa drama yang diperankan oleh Park Seo Joon dan Kang Ha Neul,” ungkap alumnus Program Studi Ilmu Komunikasi UK Petra ini. Selesai menonton, sebanyak 50 peserta beruntung mendapatkan doorprize dari CGV. (ist/petra.ac.id)

Add Comment