Benda Mirip Sarkofagus Ditemukan di Mojokerto

foto
Warga menemukan benda dari batu yang mirip sarkofagus. Foto: Jatimnow.com.

Benda diduga peninggalan bersejarah, kembali di temukan warga Dusun Sambeng, Desa Belahan Tengah, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto. Kali ini, warga menemukan benda dari batu yang mirip sarkofagus.

Kepala Desa Belahan Tengah, Senedi menurutkan, benda tersebut ditemukan pertama oleh seorang warga pada 8 Oktober 2018 lalu. Lokasinya berada di areal persawahan warga tepat di belakang Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Desa Belahan Tengah.

“Saat itu, warga yang sedang berkebun melihat sebuah batu kecil, dengan posisi menjorok ke bawah. Kemudian warga yang penasaran kemudian mengali teryata batu tersebut cukup besar dan berbentuk seperti lesung (sarkofagus),” katanya, Sabtu (13/10) kepada faktualnews.co.

Saat ini, benda tersebut kemudian disimpan warga di punden yang lokasinya tidak jauh dari lokasi penemuan benda sejenis sarkofagus itu. Pihaknya juga sudah melaporkan penemuan benda diduga peninggalan zaman batu itu ke BPCB agar dicek untuk memastikan.

Selain itu, sebelum menemukan benda sejenis sarkofagus itu, warga Dusun Sambeng, Desa Belahan Tengah sempat menemukan batu bata kuno dan dinding batu bata kuno setinggi dua meter juga potongan tulang dan pecahan guci serta kendi

BPCB Identifikasi
Temuan-temuan itu, lanjut Senedi, saat ini sudah dilaporkan ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur. “Petugas dari BPCB Jawa Timur sudah beberapa kali mendatangi lokasi penemuan dan melakukan pengecekan lokasi,” jelasnya.

Saat ini, pihak BPCB meminta agar warga setempat menjaga situs-situs tersebut hingga hasil identifikasi BPCB rampung. “Setelah itu, baru dilakukan eksplore situs lebih lanjut oleh tim arkeolog BPCB Jatim,” tandasnya.

Kasi Perlindungan Pengembangan dan Pemanfaatan BPCB Jatim Kuswanto mengatakan, sejumlah arkeolog dari BPCB Jatim saat ini tengah melakukan identifikasi di lokasi penemuan sarkofagus itu.

“Kami belum pastikan apakah itu benar sarkofagus atau bukan. Tim arkeolog kami masih melakukan identifikasi. Kalau secara fisik, benda itu memang mirip sarkofagus,” ujarnya, seperti dilaporkan

Kuswanto menambahkan, selain melakukan identifikasi benda yang mirip sarkofagus itu, tim BPCB Jatim juga akan melakukan identifikasi lokasi penemuannya.

“Di lokasi penemuan sarkofagus ini kan sebelumnya juga ditemukan batu bata kuno. Bahkan ada yang masih berupa tembok tingginya sekitar dua meter. Ini akan kami identifikasi juga,” imbuhnya.

Kuswanto menduga, di lokasi penemuan itu saat ini masih tertimbun sebuah situs yang diduga peninggalan Kerajaan Majapahit.

“Kalau kita lihat batu batanya, ukurannya hampir mirip dengan batu bata yang ada di Trowulan. Dugaan sementara, di areal persawahan itu masih tertimbun sebuah peninggalan Kerajaan Majapahit,” kata Kuswanto.

Proses eksplore situs di Dusun Sambeng, Desa Belahan Tengah, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto ini akan dilakukan BPCB Jatim, usai proses identifikasi selesai.

“Nanti setelah proses identifikasi selesai, mungkin kita baru bisa melakukan eksplore lebih lanjut. Untuk sementara, aktifitas warga untuk eksplore masih kami hentikan, sambil menunggu proses identifikasi selesai,” pungkasnya. (ist)

Add Comment