Kampoeng Djawi, Melestarikan Arsitektur dan Budaya

foto
Suasana Kampoeng Djawi menjelang malam hari. Foto: Kampoengdjawi.com.

Kampoeng Djawi salah satu destinasi wisata yang unik dengan suasana khas pedesaan asri dan sejuk di Kabupaten Jombang.

Seperti namanya, Kampoeng Djawi yang terletak di Dusun Gondang, Desa Carangwulung, Kecamatan Wonosalam, mengusung tradisional Jawa dalam setiap detailnya.

Mulai dari pintu masuk hingga berbagai tempat dan fasilitas penginapan khas Jawa membawa pengunjung pada era tempo dulu.

Apalagi didukung udara sejuk Wonosalam membuat pengunjung betah berlama-lama. Kampoeng Djawi berada di ketinggian 750 di atas permukaan laut dengan udara yang cukup segar dikelilingi pegunungan dan hamparan sawah, memperkuat suasana desa yang menyatu dengan alam.

Memasuki Kampoeng Djawi, disambut gapura candi lengkap dengan hiasan janur yang memiliki nilai Jawa yang kuat. Lobby Kampoeng Djawi berbentuk pendopo begitu unik dengan ukiran, kursi, meja dan interior dari kayu jati memperkuat suasana Jawa.

Selanjutnya, pengunjung semakin hanyut dalam suasana tradisional Jawa Timur. Meski demikian, pengunjung tidak perlu khawatir sebab rumah joglo ini sudah dimodifikasi, sehingga terasa nyaman. Fasilitas kamar tidur, kamar mandi dan lainnya, tetap dengan sentuhan zaman dulu.

Kolam renang dengan air yang begitu jernih dan segar, dengan latar belakang pemandangan sawah dan hutan begitu indah. Pengunjung selalu mengabadikan momen liburan mereka berenang di Kampoeng Djawi ini.

Selain itu, kuliner di Kampoeng Djawi juga begitu memanjakan lidah pengunjung. Kampoeng Djawi memiliki fasilitas pawon alias dapur sebagai tempat memasak dan sekaligus tempat makan ala zaman dulu.

Berbagai menu makanan Jawa Timuran bisa dipesan. Dapur ini juga dilengkapi dengan area makan outdoor yang cantik dihiasi dengan deretan meja dan bangku berbahan kayu. (sumber)

Add Comment