Wisata Genilangit Magetan, Wajib Dikunjungi

foto
Pengunjung menggunakan jasa spot foto Sakura Jepang di Taman Wisata Genilangit. Foto: Istimewa.

Selain Telaga Sarangan yang sudah sangat terkenal, kini ada Taman Wisata Bedengan Genilangit yang wajib Anda datangi saat Anda berkunjung dan hendak berwisata di Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Meski baru dibuka beberapa tahun terakhir, namun pesona dari Taman Wisata Bedengan Genilangit tak kalah dengan tempat wisata lain yang lebih dulu ada di Magetan.

Wisata Bedengan Genilangit terletak di Desa Genilangit, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Lokasinya berada di kaki Gunung Lawu. Kira-kira jika sekitar satu jam dari Kota Magetan.

Karena terletak di lereng gunung, maka objek wisata ini memiliki pemandangan yang elok dengan hamparan perbukitan hijau dan rimbunnya hutan pinus. Di taman tersebut, juga banyak sekali titik (spot) bagus untuk berswafoto.

Hal itu pula yang membuat Taman Wisata Bedengan Genilangit populer. Banyaknya titik untuk berswafoto yang “instagramable” membuat para pengunjungnya mengunggah tempat wisata tersebut ke masing-masing akunnya.

Sehingga, Taman Wisata Genilangit semakin banyak dikenal dan dikunjungi karena penasaran akan keindahannya.

Berdasarkan informasi, Taman Wisata Genilangit selama bertahun-tahun dulunya adalah tempat persemaian bibit tanaman dan pohon yang dikelola oleh pihak Perhutani bernaman Bedengan.

Karena tempat persemaian, maka lokasi tersebut tergolong indah dan tertata rapi. Banyak bunga dan tanaman hias indah yang disemaikan di lokasi tersebut. Namun, karena kurangnya perawatan, lambat laun Bedengan menjadi tidak terurus.

Taman tersebut kemudian ditata ulang oleh Karang Taruna desa setempat pada tahun 2016 yang didukung penuh oleh Dinas Pariwisata Magetan dan tokoh Desa Genilangit.

Harga tiket masuk ke Taman Wisata Genilangit yang ditetapkan pengelola cukup murah. Yakni, hanya sebesar Rp5.000 per orang.

Adapun, wahana yang dapat dieksplore oleh pengunjung di Taman Wisata Genilangit antara lain, “camping ground”, area bermain anak, Rumah Hobbit, dan berbagai spot swafoto menarik. Di antaranya, rumah pohon, perahu tebing, gazebo tradisional, “sky walk”, taman bunga, Sakura Jepang, dan masih banyak lagi.

“Tempatnya ok banget. Bisa jadi lokasi wisata alternatif selain Telaga Sarangan. Terus, spot buat foto-fotonya juga keren,” ujar seorang wisatawan asal Kota Madiun Sukmawati saat berkunjung ke Taman Genilangit bersama keluarga.

Guna mendukung kenyamanan pengunjung, Taman Genilangit juga telah dilengkapi dengan fasilitas umum. Di antaranya tempat parkir, musala, warung makanan, dan juga toilet.

“Jumlah pengunjung yang datang cukup banyak. Apalagi saat akhir pekan atau liburan momentum hari raya. Seperti Natal dan tahun baru lalu. Bisa meningkat dua kali lipat,” ungkap pengelola Taman Wisata Genilangit, Edy Sukoco, seperti dikutip Antaranews.com.

Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung, Taman Wisata Geninglangit buka setiap hari mulai jam 8 pagi hingga jam 5 sore. Penasaran? Silakan kunjungi Taman Wisata Genilangit untuk menikmati pesonanya…(ant)

Add Comment