17 Warisan Budaya Indonesia yang Diakui UNESCO

foto
UNESCO menetapkan tas Noken sebagai warisan budaya dunia tak benda karena keunikan. Foto: Istimewa.

Perseteruan antara Indonesia dan Malaysia kembali memanas pasca Asian Games 2018. Pasalnya, Malaysia ikut mengajukan Pencak Silat sebagai warisan asli budayanya ke UNESCO.

Padahal Indonesia lebih dulu mengajukan Pencak Silat ke UNESCO untuk segera disahkan menjadi warisan budaya.

Sudah banyak warisan budaya Indonesia yang diakui alias dipatenkan UNESCO. Apa saja?

Lumpia
Siapa yang nggak kenal lumpia? Jajanan khas Semarang ini sudah resmi diakui sebagai warisan budaya Indonesia oleh UNESCO sejak 2014 lalu. Meskipun makanan ini sebenarnya datang dari budaya Tiongkok, tapi cita rasanya telah dimodifikasi agar sesuai dengan lidah orang Indonesia.

Sekaten
Upacara adat yang digelar secara rutin di Jogja dan Surakarta ini ditujukan untuk memperingati Isra’ Miraj Nabi Muhammad SAW. Puncak acara dari upacara ini adalah warga berebutan mengambil gunungan yang telah diarak. UNESCO pun mengukuhkan Sekaten sebagai warisan budaya Indonesia sejak 2014.

Noken
Noken adalah tas hasil kerajinan tangan warga Papua yang terbuat dari kulit kayu yang dikeringkan lalu dipintal menjadi benang dan kemudian dianyam. Tidak cuma buat jadi tas yang menampung barang-barang keperluan sehari-hari, tapi Noken juga digunakan untuk menggendong anak. Sejak 2014 lalu, UNESCO pun menetapkan Noken menjadi warisan budaya Indonesia.

Gamelan
Seperangkat alat musik tradisional yang banyak ditemukan di Pulau Jawa dan Bali ini diresmikan sebagai warisan budaya Indonesia oleh UNESCO 2014 silam. Pemerintah Indonesia mengajukan peresmian warisan budaya ke UNESCO agar alat musik ini bisa terus dilestarikan.

Subak
Subak adalah sistem perairan sawah atau irigasi yang digunakan oleh para petani di Bali. Karena sistem perairan ini sangat unik, pemerintah Indonesia berusaha melindunginya dengan mendaftarkannya sebagai warisan budaya asli Indonesia. Dan UNESCO pun mengesahkannya 2012 lalu.

Tari Saman
Tarian tradisional yang berasal dari Aceh ini ditetapkan sebagai warisan budaya Indonesia oleh UNESCO sejak 2011 silam.

Angklung
Alat musik tradisional khas Jawa Barat ini diresmikan UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia sejak 2010 lalu. Berbentuk seperti pipa yang terbuat dari bambu, tiap ukuran berbeda-beda angklung memiliki bunyi khas masing-masing.

Batik
Salah satu warisan budaya Indonesia yang juga dicatut Malaysia. Tapi UNESCO sudah menetapkan batik sebagai warisan budaya Indonesia sejak 2009 silam, tepatnya tanggal 2 Oktober 2009 yang kemudian dikenal sebagai Hari Batik Nasional.

Keris
Senjata tradisional yang ditemukan di banyak daerah di Indonesia ini resmi disahkan sebagai warisan budaya Indonesia sejak 2005 lalu.

Hutan Hujan Tropis Sumatera
Hutan hujan tropis yang terdiri dari tiga taman nasional berbeda, yaitu Taman Nasional Kerinci Seblat, Taman Nasional Gunung Leuser dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan ini menjadi rumah bagi berbagai flora dan fauna endemik yang memang dilindungi. UNESCO pun mengesahkannya sebagai warisan budaya Indonesia 2004 silam.

Wayang Kulit

Kesenian yang berasal dari Pulau Jawa ini ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia sejak 2003 lalu.

Taman Nasional Lorentz
Taman nasional yang terletak di Papua ini memiliki luas sekitar 2.400.000 Ha dan pemandangan gletser di daerah tropis yang dipadukan dengan pemandangan dataran rendah yang menakjubkan. UNESCO pun menjadikan taman nasional ini sebagai warisan budaya Indonesia sejak 1999.

Sangiran
Situs purbakala tempat ditemukannya tulang belulang manusia purba Pithecanthropus Erectus, Homo Erectus, Meganthropus Paleojavanicus dan juga tulang belulang hewan purba seperti gajah purba dan buaya ini diresmikan oleh UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia sejak 1996.

Taman Nasional Ujung Kulon
Habitat alami badak bercula satu yang berada di Banten ini ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia pada 1991 lalu, bersamaan dengan Taman Nasional Komodo.

Taman Nasional Komodo
Komodo adalah kerabat jauh dinosaurus yang hanya dapat ditemui di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur. UNESCO menjadikan taman nasional ini sebagai warisan budaya Indonesia pada 1991 lalu, bersamaan dengan Taman Nasional Ujung Kulon.

Candi Prambanan
Candi Hindu ini diakui oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia asal Indonesia pada 1991.

Candi Borobudur
Candi Buddha ini diakui oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia asal Indonesia pada 1991. (sumber)

Add Comment