Jatim Usulkan 21 Warisan Budaya Tak Benda

foto
Larung sesaji di Pantai Tambakrejo Blitar. Foto: Jatimnews Room.

Provinsi Jawa Timur tahun 2019 mengusulkan 21 (dua puluh satu) Warisan Budaya TakBenda (WBTB) untuk ditetapkan sebagai WBTB Nasional oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia.

Sidang Penetapan tersebut dimulai Selasa (13/8) malam dan berakhir Jumat (16/8) pagi di Jakarta.

Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya Ditjenbud Kemendikbud Dr Nadjamuddin Ramly Msi mengatakan, bahwa WBTB kita setiap tahun berkembang. Tahun 2018 sudah tercatat 819 WBTB dan tahun ini sedang disidangkan sebagai WBTB Nasional sebanyak 272 karya budaya.

Dan semua WBTB itu harus dijaga dan dilestarikan sebagaimana perintah UU Nomor 5 tahun 2017, dimana harus dilakukan Perlindungan, Pengembangan, Pemanfaatan dan Pembinaan. Pemerintah daerah harus melakukan tindak lanjut setelah karya budaya daerahnya ditetapkan menjadi WBTB Nasional.

Dalam sidang kali ini masing-masing provinsi mempresentasikan usulan WBTB dari daerahnya masing-masing dihadapan para Tim Ahli dan Narasumber.

Pada tahun lalu, urutan presentasi ini dilakukan melalui undian secara keseluruhan sehingga sudah bisa diketahui jadwal masing-masing provinsi. Tetapi kali ini undian dilakukan satu persatu seusai utusan provinsi presentasi.

Untuk pertama kalinya, malam ini undian dilakukan oleh Direktur Warisan dan Diplomasi Budaya yang kebetulan jatuh pada provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Dan ketika provinsi Aceh selesai presentasi, lantas mengambil undian lagi sehingga keluar giliran provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Seusai DIY tampil, lantas mengambil undian lagi dan muncullah giliran provinsi Sumatera Utara yang akan tampil Rabu pagi. Begitulah seterusnya. Dengan demikian tidak dapat diketahui sejak awal kapan giliran masing-masing provinsi.

Dari 21 usulan WBTB dari Jawa Timur ini didapatkan dari pengajuan 17 (tujuh belas) kabupaten/kota yang sudah mengalami banyak penyusutan setelah dilakukan seleksi administrasi.

Nama-nama usulan WBTB dari Jatim itu adalah: Mocoan Lontar Yusup (Banyuwangi), Jaran Kepang Jatim, Bantengan Jatim, Reog Bulkiyo (Blitar), Larung Sesaji Pantai Tambakrejo (Blitar), Ajaran Samin Surosentiko (Bojonegoro), Kolak Ayam Sanggring Gumeno (Gresik), Besutan (Jombang), Unduh-unduh (Jombang).

Juga Keduk Beji (Ngawi), Kethek Ogleng (Pacitan), Tari Glipang (Probolinggo), Kerapan Sapi Brujul (Probolinggo), Hodo, Ojhung dan Mamaca (Situbondo), Penganten Putri Jenggolo (Sidoarjo), Saronen (Sumenep), Jamasan Pusaka Kyai Upas (Tulungagung), Gemblak Tuban dan Wayang Krucil (Tuban). (jnr)

Add Comment