Tur Online Museum dan Surabaya Heroic Track

foto
Pelajar wista di Museum HOS Tjokroaminoto sebelum pandemi. Foto: Pemkot Surabaya.

Meski di tengah pandemi Covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya tetap berupaya menyajikan kegiatan sebagai bagian dalam rangka memperingati Hari Pahlawan 2020. Salah satu agenda kegiatan itu adalah Tur Online Museum serta Wisata Kepahlawanan atau Heroic Track.

Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara mengatakan, Tur Online Museum dan Heroic Track merupakan agenda kegiatan yang memperkenalkan beberapa obyek wisata bersejarah di Kota Surabaya. Dengan menggunakan aplikasi online, selama kegiatan berlangsung peserta dipandu oleh guide lokal serta narasumber ahli sejarah.

“Jadi saat kegiatan berlangsung, para peserta dapat menyampaikan pertanyaan dan akan ditanggapi oleh guide maupun narasumber,” kata Febriadhitya di kantornya, pekan lalu.

Menurut dia, rangkaian kegiatan memperingati Hari Pahlawan ini bertujuan untuk memperkenalkan objek wisata yang memiliki nilai kepahlawanan kepada masyarakat, khususnya para pelajar Surabaya.

Selain itu pula untuk menambah ilmu dan wawasan mengenai obyek wisata kepahlawanan. “Terlebih, untuk meningkatkan rasa nasionalisme di kalangan generasi muda atau pelajar,” papar dia.

Untuk pelaksanaan kegiatan Tur Online Museum, kata Febri, bakal berlangsung selama dua hari, yakni 14 – 15 November 2020 dengan mengambil tema “Heroisme Pahlawan Surabaya”.

Rangkaian tur online ini akan mengisahkan perjalanan semangat kepahlawan. “Mulai dari tokoh-tokoh perjuangan sejak masa pra Nusantara, masa Kebangkitan, hingga pasca Kemerdekaan,” ungkap dia.

Pada hari pertama 14 November 2020, para peserta diajak mengunjungi Museum Surabaya (Raden Wijaya), Museum WR. Supratman dan Museum Pendidikan (Ki Hajar Dewantara) melalui virtual. Sedangkan hari kedua 15 November 2020, peserta diajak mengunjungi Museum H.O.S Tjokroaminoto, Museum DR. Soetomo, dan Museum 10 November.

Sementara itu, untuk pelaksanaan kegiatan Surabaya Heroic Track Tahun 2020 secara online berlangsung pada Selasa (17/11), mulai pukul 10.00 WIB hingga selesai. Lokasinya, berada di Museum HOS Tjokroaminoto dan Museum 10 November Tugu Pahlawan Surabaya.

“Peserta merupakan pelajar SD – SMP di Kota Surabaya sekitar 300 orang. Mereka mengikuti rangkaian kegiatan ini melalui aplikasi zoom,” katanya.

Meski demikian, masyarakat umum juga dapat mengikuti rangkaian Tur Online Museum serta Surabaya Heroic Track melalui media sosial instagram resmi milik Pemkot Surabaya. Yakni, @Surabaya, @Surabayasparkling dan @Sapawargasby. (ita)

Add Comment