Batuan Unik di Begaganlimo Terbentuk Alami

foto
Foto:
foto
Struktur unik batuan di Begaganlimo terbentuk alami. Foto: Merdeka.com.

Dari hasil penelitian Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur (Jatim) di Trowulan, Kabupaten Mojokerto, situs yang baru ditemukan warga Dusun Begagan, Desa Begaganlimo, Kecamatan Gondang, Kabupaten Mojokerto usai banjir bandang bukan situs. Namun hanya merupakan fenomena alam biasa.

Staf BPCB Jatim, Agung Vidi mengatakan, tim sudah melakukan penelitian susunan batu yang ditemukan warga di Desa Begaganlimo. “Sebenarnya, temuan itu hanya singkapan batuan yang tampak pasca banjir dan longsor di Begaganlimo itu merupakan fenomena alam biasa,” ungkapnya seperti dikutip Beritajatim.com, beberapa waktu lalu.

Agung yang juga arkeolog ini menjelaskan, jika dilihat dari segi geologi, wilayah Gondang termasuk dalam zona kendeng bagian timur. Yang terdapat endapan kenozoikum akhir dan umur pliosen-pliatosen. Zona tersebut diperkirakan berumur kurang lebih 2 sampai 5 juta tahun lalu.

“Kalau dari jenis batuannya berupa batu pasir berlapis napalan, batu pasir gampingan dan perlapisan napal pasiran. Nah… Kejadian ini pernah booming di Sidomulyo, Purworejo, Jateng. Jadi intinya batu di Begaganlimo bukanlah hasil budaya manusia, itu terbentuk karena alam,” katanya.

Terkait munculnya batu tersebut terbuka ke permukaan, lanjut Agung, karena kontak antara clay dan bedrock-nya tersebut ada media yang jadi bidang gelincir longsor. Sehingga air hujan yang masuk jenuh, sedangkan media luncurnya clay atau lempung sehingga air yang masuk sampe bedrock itu yang membuat longsor.

“Sehingga batu terbuka, jadi intinya bahwa struktur itu terbentuk secara alam bukan situs kuno,” pungkasnya.(ist)

Add Comment