335 Tokoh Dianugerahi Tanda Jasa dan Kehormatan

foto
Foto: Presiden Joko Widodo menyerahkan Tanda Jasa dan Kehormatan di Istana Negara

Sebanyak 335 orang penerima mendapat tanda jasa dan tanda kehormatan Republik Indonesia dari Presiden Joko Widodo, dalam Upacara penganugerahan tersebut digelar di Istana Negara, Jakarta.

Menerapkan protokol kesehatan ketat, upacara Penganugerahan Tanda Kehormatan Republik Indonesia tersebut dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia.

Tanda kehormatan Bintang Mahaputera dianugerahkan kepada lima orang penerima dan Bintang Budaya Parama Dharma kepada satu orang penerima.

Untuk Bintang Jasa dianugerahkan kepada 329 orang penerima dan 325 di antaranya adalah tenaga medis dan tenaga kesehatan yang gugur dalam menangani pandemi Covid-19.

Penganugerahan ini berdasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 76, 77, dan 78/TK Tahun 2021 yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 4 Agustus 2021.

Hadir di Istana Negara sebanyak 13 orang perwakilan penerima. Berikut daftar penerima tanda jasa dan tanda kehormatan tersebut:

Penerima Bintang Mahaputera Adipradana:
1. Almarhum Dr Artidjo Alkostar SH LLM (Ketua Kamar Pidana, Mahkamah Agung RI 2009-2018);
2. Almarhum I Gede Ardika (Menteri Kebudayaan dan Pariwisata 2000-2004);

Penerima Bintang Mahaputera Utama:
3. Antonius Sujata SH MH (Ketua Ombudsman Nasional Indonesia 2000-2011);

Penerima Bintang Mahaputera Nararya:
4. Dr (HC) Dipl -Ing Jacobus Busono (Pemilik, pendiri, dan chairman Pura Group);
5. Drs H Maradaman Harahap SH MH (Anggota Komisi Yudisial RI 2015-2020);

Penerima Bintang Budaya Parama Dharma:
6. Almarhum RT Kusumokesowo (Seniman dan pemelihara warisan budaya Jawa);

Penerima Bintang Jasa Utama:
7. Almarhum Drs H Rusdi Sufi (Akademisi dan pemelihara warisan sejarah serta budaya Aceh);
8. Prof Dr Drhc mult Goldammer Johann Georg Andreas (Ilmuwan berkebangsaan Jerman);
9. Dr Ishadi Sutopo Kartosaputro MSc (Komisaris Transmedia);
10. Eurico Guterres SE MM (Ketua Umum Uni Timor Aswa’in (UNTAS) dan Ketua Forum Komunikasi Pejuang Timor Timur (FKPTT));

Penerima Bintang Jasa Pratama:
11. Almarhum Dr dr Adnan Ibrahim Sp PD (Dokter pada Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan);
12. Almarhumah Ngadiah SKM (Perawat pada RSUP Dr Mohammad Hoesein, Kota Palembang, Provinsi Sumatra Selatan) dan 256 orang penerima Bintang Jasa Pratama lainnya;

Penerima Bintang Jasa Nararya:
13. Almarhum Soehendro SKM MKes (Kepala Bidang Surveilans Epidemiologi Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur) dan 66 orang penerima Bintang Jasa Nararya lainnya.

Penerima Tanda Kehormatan Bintang Mahaputera, Bintang Budaya Parama Dharma, dan Bintang Jasa kali ini adalah mantan pejabat negara, pengusaha, ilmuwan, WNI, WNA, serta para tenaga medis dan tenaga kesehatan yang gugur dalam menangani Covid-19. (ist)

Add Comment